Mendagri Tekankan Pentingnya Partisipasi Kampus pada Pemilu Serentak 2019

0
118

KLIKPAPUA,SURABAYA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tekankan pentingnya partisipasi kampus dan civitas akademika di dalamnya untuk turut menyukseskan Pemilu Serentak 2019. Hal itu dikatakannya saat mengisi kuliah umum di Universitas Wijaya Kusuma, Kota Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/4/2019).

“Partisipasi masyarakat kampus pada pelaksanaan Pemilu tahun 2019 sangat penting karena masyarakat kampus sebagai kelompok masyarakat terdidik yang memiliki pemikiran, persepsi politik dan kepekaan yang tinggi dalam kebangsaan dan membangun kualitas politik yang tinggi,” kata Tjahjo.

Dalam kesempatan yang sama, Tjahjo juga meminta peran serta masyarakat di lingkungan perguruan tinggi untuk memberikan dukungan serta sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

“Kita semua harus melek terhadap pentingnya Pemilu dan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019 dengan cara memberikan dukungan dengan intens, memberikan sosialisasi melalui media sosial guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilih dalam mewujudkan Pemilu yang Luber dan Jurdil (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia serta Jujur dan Adil),” ungkap Tjahjo.

Lebih lanjut Tjahjo mengaku optimistis kesuksesan Pemilu Serentak 2019 dapat tercipta dengan menggerakkan masyarakat serta mahasiswa untuk menggunakan hak pilihnya guna meningkatkan partisipasi pemilih. Tak hanya itu, keamanan pesta demokrasi juga dapat terwujud dengan melibatkan aparat keamanan.

“Saya optimis bahwa tanggal 17 April 2019 pergerakannya sangat dinamis, meski adanya racun-racun demokratis, tapi kami jamin stabilitas keamanan dengan melibatkan TNI, Polri, BIN, dan aparat keamanan lainnya. Tinggal bagaimana melibatkan masyarakat serta mahasiswa ikut menggerakan mahasiswa dan masyarakat untuk memilih dan menggunakan hak konstitusionalnya dan tidak Golput,” pungkasnya. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.