Ketua Komite I DPD RI Minta Pemerintah Libatkan Tokoh Agama dan Adat Dalam Selesaikan Masalah Papua

0
104
PAPUA,KLIKPAPUA.com – Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi meminta kepada Pemerintah Pusat untuk melibatkan tokoh-tokoh agama dan adat serta orang asli Papua (OAP) dalam penyelesaian kasus Papua. Hal ini penting, sebab menurut Fachrul Razi, “tidak ada yang lebih paham kondisi Papua selain masyarakat Papua itu sendiri,” tegas Senator asal Aceh tersebut.
Oleh sebab itu, Fachrul Razi berharap dalam pembahasan perlu keterlibatan pemimpin Papua dan para tokoh-tokoh agama dan adat Papua, sehingga Otsus Papua jilid II benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat Papua. “Kalau memang Otsus diterima oleh orang Papua, jangan drafnya dari Jakarta dan tidak melibatkan tokoh-tokoh agama dan adat yang ada di Papua,” kata Ketua Komite I DPD RI disela kunjungan kerja ke Papua, Rabu (3/2/2021) lalu.
Meskipun otsus Papua sudah berjalan hampir 20 tahun dengan anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah pusat hingga puluhan triliun, namun faktanya masih banyak masyarakat asli Papua yang hidup di bawah garis kemiskinan. “Otsus Papua jilid II harus benar-benar bisa menjawab persoalan di papua. Otsus harus benar-benar bisa di nikmati oleh masyarakat asli papua, jangan sampai mereka hanya menjadi penonton saja seperti yang sudah terjadi selama ini,” ungkap Fachrul Razi.
Oleh karena itu, Fachrul Razi berharap sistem yang berlaku selama ini mesti di evaluasi secara menyuluruh. Kita harus memastikan masyarakat papua menjadi tuan dirumah nya sendiri. (rls/kp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.