Intip Berbagai Aktivitas UMKM dan Pengunjung di Pertamina SMEXPO 2022

0
Corporate Secretary Pertamina, Brahmantya S. Poerwadi dan VP CSR & SMEPP, Fajriyah Usman mengunjungi Booth dan melihat produk-produk unggulan UMKM di SMEXPO 2022 yang berlangsung di FX Sudirman Jakarta hingga 4 Desember 2022.
JAKARTA,KLIKPAPUA.com– Pengunjung mendatangi booth UMKM pada gelaran Pertamina SMEXPO 2022 di FX Sudirman Jakarta, pameran yang diikuti oleh 35 UMKM offline dan 555 UMKM online ini  mengikuti berbagai aktivitas di antaranya, insightful session, business matching, voluntary class dan memberikan promo diskon serta flash sale.
Pertamina SMEXPO yang berlangsung pada 28 November hingga 4 Desember 2022 ini memiliki agenda yang berbeda setiap harinya. Di hari kedua pameran, insightful session menghadirkan Alphaworks.id dan Visual Labs yang menyuguhkan materi Fotografi dan Videografi, di mana untuk menghasilkan gambar yang menarik tidak diperlukan kamera yang  mahal tetapi cukup memanfaatkan kamera yang sederhana misalnya kamera handphone.
Dalam paparannya Fauzan dari Visual Labs menyampaikan bahwa untuk menaikan kualitas gambar produk yang dihasilkan harus diperhatikan bagaimana pencahayaan dan background foto yang dipilih, mengingat konsumen selalu menginginkan cara yang paling efisien dan hemat waktu untuk berbelanja, termasuk dalam hal mempertimbangkan suatu produk, perhatian konsumen biasanya akan tertuju pada cara tercepat untuk menilai suatu produk yaitu melalui foto maupun video, ujarnya.
Yudha Rizky dari Alphaworks.id menambahkan bahwa Foto sangat menentukan kesan pertama yang dimiliki konsumen terhadap produk, apakah mereka akan lanjut mencari tahu serta membeli atau tidak. Makanya, fotografi dan videografi produk merupakan cara berjualan online agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli.
Selain itu, Yudha menjelaskan bahwa para pelaku UMKM harus jeli mengikuti tren yang sedang berkembang di masyarakat khususnya pada sosial media. Masyarakat bisa di ajak untuk melihat bagaimana kisah dibalik proses produksi hingga menghasilkan produk yang siap jual,’ ujarnya.
Aktivitas lainnya yakni business matching, Ilham Bahari, Meeta Fauzan, Sobag, dan Pengrajin Pelangi melakukan presentasi mengenai produk – produk unggulannya kepada buyer asal negara Malaysia. Presentasi juga dilakukan oleh para UMKM online secara virtual.
VP CSR & SMEPP Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan tujuan digelarnya Pertamina SMEXPO 2022 ini untuk meningkatkan kualitas produk UMKM Indonesia khususnya binaan Pertamina sehingga dapat menembus pasar Internasional.
“Selain itu juga pelaku UMKM juga terus melakukan inovasi dengan meningkatkan kreativitas dan digitalisasi UMKM serta mendorong pemulihan ekonomi kreatif di masa pasca pandemi saat ini,” tuturnya.
Fajriyah menambahkan melalui Program Pendanaan UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap mitra binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global.
Pertamina senantiasa mendukung pencapaian SDGs (Sustainable Development Goals) melalui implementasi program-program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasionalnya. Hal ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial (TJSL), demi mewujudkan manfaat ekonomi di masyarakat. (rls/bm)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.