Cerita Santri Gontor yang Tidak Pulang Liburan Saat Bulan Ramadhan

0
PONDOK Pesantren Darussalam Gontor Ponorogo menerapkan kepada siswa siswi kelas 5 atau yang setara kelas 2 SLTA untuk bermukim saat liburan bulan Ramadhan.
Muhammad Fajar santri kelas 5C asal Tasikmala Jawa Barat mengungkapkan, bahwa dengan tidak pulang saat bulan Ramadhan dirinya sangat kangen dengan Ibu dan Bapaknya.
“Saya tidak ketemu orang tua kami kangen sekali, karena kami disini bermukim menjaga pesantren dan menjadi pengurus Kantin saat Ramadhan disini. Saya juga mendoakan semoga Ibu dan Bapak dirumah sehat selalu,” jelas Fajar.
“Saya kangen sekali kepada keluarga di rumah, alhamdulillah disini banyak sekali kegiatan walaupun saat bulan ramadhan,” jelas fajar.
Sementara Bintang Dwi Jaka Permana santri kelas 5S mengatakan, dirinya saat mukim di Pondok Gontor diberi amanah oleh pondok untuk menjadi panitia.
“Alhamdulillah saya di pondok sekarang menjadi panitia Takjil, yang setiap harinya saya membagikan takjil kepada santri- santri yang bermukim di sini,” ungkap Bintang santri asal Gresik, Jawa Timur.
Sementara Ahmad Ja’fas santri asal Malang Jawa Timur mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan mukim di Pondok saat Bulan Ramadhan saat ini dapat membantu pondok.
“Alhamdulillah kami di sini banyak sekali kegiatan, akan tetapi kami suka kangen dengan orang tua dan suasana di kampung halaman. Yang biasanya kami saat Bulan Ramadhan bisa liburan di rumah tetapi tahun ini tidak. Insya Allah kita akan pulang ke kampung halaman nanti dengan status kami menjadi alumni aamiin ya Allah,” ungkap Ahmad Ja’fas santri kelas 5H.
Sedangkan Ahmad Ja’fas menambahkan, bahwa dengan doa kedua orang tuanya dari rumah dirinya menjadi semangat untuk tidak pulang ke rumah.
“Alhamdulillah ibu bapak di kampung halaman selalu mendoakan kami, kami pun mendoakan agar orang tua kami di sana sehat selalu dan diberkahi oleh Allah SWT, aamiin,” tambah Ahmad Ja’fas.
Ustadz Adi Bagus selaku pengurus bagian pengasuhan santri mengatakan, bahwa santri kelas 5 di Gontor saat ini sedang menjadi panitia Bulan Ramadhan.
“Sekarang kelas 5 yang bermukim di Pondok saat ini menjadi panitia Bulan Ramadhan, sampai nanti mereka 1 tahun tidak berlibur ke rumah,” jelas Ustadz Adi Bagus.
“Bahkan ada yang bagian kantin, koperasi dapur dan bagian kebersihan. Mereka mengelola keungan sendiri dari santri untuk santri” tambahnya. (rls)




Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.