Percepatan Pembangunan Pegaf  Akan Menjadi Usulan Bupati Yosias ke Presiden

0
Bupati Pegaf Yosias Saroy didampingi Wakilnya Marinus Mandacan.

PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Bupati Kabupaten Pegunungan Arfak, Yosias Saroy, mengatakan, akan mengusulkan percepatan pembangunan daerahnya  kepada presiden Jokowi.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan mengunjungi Kabupaten Pegaf pada Minggu (27/10). “Ini merupakan kesempatan yang baik, khususnya bagi kami warga pegaf  dapat menyampaikan  langsung masalah yang kami hadapi kepada presiden,” kata Yosias, di Distrik Anggi, Jum’at (25/10/2019).

Yosias mengatakan, pembangunan yang akan diusulkan kepada presiden meliputi pembangunan infrastruktur  dasar seperti jalan dan jembatan, penerangan, jaringan telekomunikasi dan komunikasi serta beberapa usulan lainnya untuk mensejahterakan masyarakat setempat.

Sekedar diketahui, daerah yang berdiri menjadi daerah otonom baru pada tahun 2012 lalu ini, mempunyai masalah utama yaitu di bidang infrastruktur. Ruas jalan Manokwari-Pegaf, dan Mansel-Pegaf, belum dapat terkoneksi dengan baik.

Tak cuma itu, penerangan (aliran listrik) belum bisa di nikmati seluruh masyarakat di pegaf. Selain itu, jaringan telekomunikasi dan komunikasi juga baru bisa dinikmati oleh masyarakat di Distrik Anggi dan sebagian warga di Distrik Minyambouw.

“Banyak kendala yang kami hadapi di Pegaf, jalan dan jembatan, penerbangan, jaringan telekomunikasi dan komunikasi serta beberapa masalah-masalah lain yang menghambat pembangunan akan saya sampaikan langsung kepada presiden,” urainya.

“Kami juga mempunyai potensi daerah yang baik. Pariwisata dan pertanian merupakan potensi andalan di daerah ini, namun keterisolasian daerah menjadi masalah utama untuk pengembangan dua potensi ini,” lanjut Yosias.

Dikatakan, apabila dalam kunjungan tersebut, ada sedikit waktu untuk menyampaikan usulannya melalui pidato singkat, maka itu merupakan kesempatan yang sangat berharga bagi Yosias mewakili ungkapan hati warga masyarakat di 166 kampung dan 10 distrik kepada presiden. “Apabila tidak ada waktu, saya dan wakil hanya akan menyampaikannya melalui sebuah surat. Tapi  harapkan kami dapat menyampaikan langsung kepada presiden,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Yosias mengungkapkan Pemerintah Pegaf telah siap menyambut kedatangan Presiden Jokowi di negeri atas awan Papua. “Situasi aman kondusif dan terkendali. Kita berdoa tidak ada masalah dan hambatan sehingga presiden dapat mengunjungi kita pada hari Minggu nanti,” pungkasnya.(rsl)

Editor: BUSTAM


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.