Pemkab Manokwari Bentuk Tim Desk Pilkada 2024

0
Kepala Kesbangpol Kabupaten Manokwari, Jaka Mulyata. (foto: Gemelin/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari membentuk tim desk Pilkada untuk memantau tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 hingga ke tingkat distrik dan kampung.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Manokwari, Jaka Mulyata, menjelaskan tim Desk Pilkada terdiri dari Pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Anggota Forkopimda yang tergabung dalam tim ini meliputi Polresta Manokwari, Dandim 1801 Manokwari, Kejaksaan Negeri Manokwari, Fasharkan TNI AL Manokwari, serta KPU, Bawaslu, dan Pengadilan Negeri. Selain itu, pimpinan OPD seperti SatPol PP, bagian pemerintahan, dan bagian hukum juga terlibat.

“SK-nya sudah ada dan akan diserahkan kepada Forkopimda serta beberapa pimpinan OPD. Selanjutnya, akan dilakukan rapat untuk menentukan mekanisme monitoring,” ujarnya.

Desk Pilkada ini bertujuan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Manokwari, termasuk pengawasan hingga hari pemungutan suara.

Selain Forkopimda dan pimpinan OPD, Kepala Distrik juga memiliki peran penting dalam monitoring di tingkat distrik, yang akan dilaporkan secara berjenjang langsung kepada Bupati.

“Seperti pada Pemilu sebelumnya, Bupati Manokwari akan memimpin monitoring untuk persiapan di setiap distrik. Setiap distrik diharapkan dapat memantau persiapan yang ada,” jelasnya.

Monitoring juga akan dilakukan melalui konferensi video yang menghubungkan Bupati Manokwari dan pimpinan Forkopimda dengan masing-masing kepala distrik, PPD, dan KPPS. (mel)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.