Bawaslu Kaimana Sosialisasikan Netralitas ASN dan Deklarasi Kampanye Damai

0
Bawaslu Kaimana bersama ASN dan peserta Pilkada mendeklarasikan Kampanye Damai. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kaimana menggelar sosialisasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dan deklarasi kampanye damai pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2024, Rabu (9/10/2024). 

Kegiatan itu dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Siti Nurliah Indah Purwanti, dengan menghadirkan narasumber dari Bawaslu dan BKN Provinsi Papua Barat serta Inspektorat Kabupaten Kaimana. 

Dalam sambutannya, ketua Bawaslu Kaimana menekankan bahwa Pilkada merupakan momen penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang tepat. Untuk itu, netralitas ASN menjadi kunci dalam menciptakan proses pemilihan yang berkualitas, jujur, dan adil.

“Pesta demokrasi yang dilaksanakan dengan prinsip, adil, jujur dan damai akan menghasilkan pemimpin yang berkualitas,” tegasnya.

Untuk itu, ASN sebagai pelayan publik, harus bersikap profesional dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon, serta menjaga integritas kredibilitas penyelenggaraan.

Bawaslu Kaimana pada kesempatan ini juga mendeklarasikan komitmen bersama melalui kampanye damai, untuk menciptakan pilkada yang kondusif dan terhindar dari konflik. 

Adapun isi deklarasi kampanye damai Pilkada Kaimana yakni, menghindari konflik kepentingan serta menjaga integritas penyelenggaraan pemilihan, menjaga dan menegakkan prinsip netralitas ASN, TNI-Polri.

Serta melakukan upaya pencegahan pelanggaran pemilihan politik uang, bersinergi menjaga penyelenggaraan pemilihan, berkomitmen melawan diskriminasi identitas dan ujaran kebencian. 

Kegiatan itu ditutup dengan pembacaan dan penandatanganan netralitas ASN dan deklarasi kampanye damai oleh staf sekretariat Bawaslu Kaimana. 

Tampak hadir dalam kesempatan itu, KPU, Bawaslu, Forkopimda, ASN, Paslon HAI dan BERKAT. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.