Miliki Infrastruktur Olahraga yang Lebih Siap, Peparnas Tahun 2024 Digelar di Solo

0

JAKARTA,KLIKPAPUA.com– Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII dijadwalkan bakal digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, pada 6-13 Oktober 2024.

Pelaksanaan ajang olahraga nasional untuk atlet difabel ini digelar di Solo lantaran kesiapannya dalam menyediakan venue dan penginapan yang ramah bagi para atlet.

“Kota ini juga pernah menjadi tuan rumah ASEAN Paragames 2022, sehingga infrastruktur dan fasilitasnya sudah memenuhi standar,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Di lain sisi, penunjukan Solo sebagai tuan rumah Peparnas XVII juga berdasarkan masukan dari National Paralympic Committee (NPC) Indonesia. NPC Indonesia menyatakan bahwa seluruh venue dan peralatan pertandingan di daerah tersebut telah tersedia lengkap.

Adapun venue pertandingan tersebar di berbagai lokasi di Solo dan sekitarnya, seperti Stadion Sriwedari untuk atletik, Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk bulutangkis, GOR Sritex Arena untuk basket kursi roda, serta kolam renang Intanpari di Karanganyar untuk cabang renang. Peparnas kali ini juga mempertandingkan sejumlah cabang olahraga seperti e-sports, boccia, dan voli duduk, yang akan diselenggarakan di beberapa GOR.

Kesiapan venue dan infrastruktur dilaporkan sudah dalam tahap finalisasi. Pemerintah serta pemangku kepentingan terkait telah memastikan dukungannya dalam memberikan kenyamanan dan akses bagi para atlet difabel. Selain persiapan teknis, Panitia Besar (PB) Peparnas juga memastikan bahwa Solo siap menjadi tuan rumah yang ramah bagi para atlet, ofisial, dan pengunjung yang akan memeriahkan acara tersebut.(rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.