DPRK Kaimana akan Punya 4 Pimpinan, Kelompok Khusus Jadi Wakil Ketua

0
Fransisco E. Beruatwarin, Sekretaris DPRK Kaimana. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA, KLIKPAPUA.com – Dewan Perwakilan Rakyat kabupaten (DPRK) Kaimana akan memiliki empat orang pimpinan. Penambahan satu pimpinan ini merupakan sebuah perubahan dari periode sebelumnya yang hanya memiliki tiga orang pimpinan.

Perubahan ini terjadi karena adanya penambahan unsur pimpinan dari Kelompok Khusus dari jalur pengangkatan atau Otonomi khusus (Otsus), dan memiliki peran yang strategis dalam pengambilan keputusan di DPRK.

“Penambahan pimpinan ini sejalan dengan dinamika politik yang terjadi di Kabupaten Kaimana. Kehadiran Kelompok Khusus diharapkan dapat memperkaya representasi berbagai kepentingan dalam lembaga legislatif,” ujar Fransisco E. Beruatwarin, Sekretaris DPRK Kaimana, Senin (30/9/2024)

Dia juga mengatakan, komposisi Pimpinan DPRK Kaimana untuk periode 2024-2029 akan diisi oleh Partai PDI Perjuangan (Ketua), Partai Demokrat (Wakil Ketua), Partai Golkar (Wakil Ketua) dan Kelompok Khusus (Wakil Ketua).

Beruatwarin juga menjelaskan bahwa pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) secara definitif akan dilakukan setelah anggota DPRK baru mengikuti Diklat Orientasi pekan depan.

“Kita sedang menunggu nama-nama dari perwakilan partai politik yang ditunjuk sebagai pimpinan dan wakil ketua,” ujarnya.

Dijelaskan, pimpinan sementara DPRK Kaimana yang telah ada memiliki tugas untuk memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan fraksi, menetapkan APBD Perubahan dan memfasilitasi penetapan pimpinan defenitif.

Ia menambahkan, tugas ini sesuai dengan surat edaran dari Kementeriam Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), tinggal hanya memfasilitasi penetapan Ketua DPRD Definitif Kabupaten Kaimana. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.