HUT ke-79 TNI AL, Kafasharkan Manokwari: Prajurit Jaga Kesiapan Operasi dan Netralitas

0
Fasharkan TNI AL Manokwari menggelar upacara HUT Ke-79. (Foto: klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI Angkatan Laut, Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan Kapal Perang (Fasharkan) Manokwari menggelar upacara bendera, Selasa (10/9/2024).

Dengan tema “Dengan Semangat Jalesveba Jayamahe TNI AL Siap Mewujudkan Nusantara Baru Indonesia Maju” Upacara ini diikuti oleh seluruh prajurit, perwira, dan pegawai negeri sipil Fasharkan TNI AL Manokwari, yang di gelar di Lapangan Apel Fasharkan Manokwari.

Kafasharkan TNI AL Manokwari, Kolonel Laut (T) Angki Ferdianta, dalam amanatnya menyampaikan beberapa penekanan yang harus dipatuhi seluruh prajurit, di antaranya adalah menjaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh Alutsista laut.

“Rakyat dan bangsa Indonesia bangga memiliki Angkatan Laut sebagai penjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI serta pelindung bangsa dari segala ancaman dan gangguan khususnya di wilayah laut Indonesia,” kata Kafasharkan membacakan arahan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Dikatakannya, dalam menghadapi spektrum ancaman yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan untuk meletakkan fondasi bagi pembentukan kapabilitas pertahanan modern, yang memiliki sumber daya manusia berkualitas, dan relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini,

“Saya berharap profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional,” tutur Angki.

Berkaitan dengan tahun politik dirinya mengingatkan segenap prajurit TNI Angkatan Laut untuk menjaga komitmen Netralitas TNI.

Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan lebih mengutamakan sinergitas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya.

“Dirgahayu TNI Angkatan Laut. Salam Jalesveva Jayamahe. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa melimpahkan bimbingan, petunjuk dan kekuatan-Nya kepada kita sekalian dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sama-sama kita cintai,” tutup Kafasharkan Manokwari. (*)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.