BPS Kaimana Canangkan Kelurahan Krooy Cinta Statistik

0

KAIMANA, KLIKPAPUA.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana resmi mencanangkan Kelurahan Krooy sebagai Kelurahan Cinta Statistik. Pencanangan ini dilaksanakan di Aula Kelurahan Krooy, Senin (9/9/2024) dan dibuka langsung oleh Asisten I Setda Kabupaten Kaimana, Yacob Ahimza Irre Warere.

Asisten I mengapresiasi inisiatif BPS Kaimana dan Pemerintah Kelurahan Krooy dalam mewujudkan program ini.

“Dengan adanya Kelurahan Cinta Statistik, diharapkan data-data yang dihasilkan lebih akurat dan dapat diandalkan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan di tingkat lokal,” ujar Asisten I.

Menurutnya, Satu Data Indonesia adalah untuk memastikan data yang diproduksi oleh produsen data sesuai dengan standar menggunakan metadata baku kode referensi dan data induk mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, Distrik, Kelurahan dan Kampung.

BPS Kaimana sejak tahun 2021 telah membuat program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) untuk memperkuat jangkauan sebagai pembina data hingga ke tingkat desa, pada tahun 2022 BPS Kaimana telah melakukan pencanangan di Desa Marsi dan tahun 2024 Kelurahan Krooy sebagai lokus utama pembinaan Desa Cinta Statistik.

Ia berharap, dengan peluncuran program ini, dapat menghasilkan data statistik sektoral ditingkat Kelurahan yang akurat melalui Satu Data Indonesia, yang akan digunakan sebagai dasar perencanaan pembangunan dan evaluasi di Kabupaten Kaimana.

Kegiatan itu di akhiri dengan Penandatanganan Piagam Pencanangan dan SK Agen Statistik bersama instansi terkait.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kominfo Kaimana, Taufik Wahyu Hidayat, Kepala Dinas PMK Kaimana, Ika Damayanti, Kepala BPS Kaimana, Masadi Yanry Koupun, Kepala Distrik Kaimana, Aris Fenetiruma, Kepala Kelurahan Krooy, Farid Lamuasa, Perwakilan Bappeda Kaimana. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.