Disdukcapil Kaimana Luncurkan IKD, Urus Dokumen Kependudukan Lebih Cepat dan Mudah

0
Identitas Kependudukan Digital Disdukcapil Kaimana Resmi Diluncurkan. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA, KLIKPAPUA.com– Dalam upaya memberikan pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, dan efisien, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kaimana resmi meluncurkan Identitas Kependudukan Digital (IKD). 

Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan sosialisasi sistem informasi administrasi kependudukan terpusat dan pembahasan etika dalam pelayanan publik, yang digelar di Gedung Pertemuan Krooy pada Selasa (27/08/2024).

Asisten I Setda Kaimana, Yacob Ahimza Irre Warere, membacakan sambutan Bupati Kaimana, mengatakan penerapan IKD merupakan upaya pemerintah untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, akurat, lengkap, dan gratis. 

“Melalui penerapan Identitas Kependudukan Digital, dapat membuka aksesibilitas yang lebih besar bagi masyarakat, yang berada di daerah terpencil yang sulit dijangkau,” ujarnya.

Dijelaskan, melalui aplikasi tersebut, masyarakat dapat mengakses layanan pemerintah dan swasta tanpa harus mendatangi Kantor Disdukcapil atau mengurus berbagai dokumen fisik. 

Ia berharap melalui peluncuran IKD ini, dapat mempermudah proses administrasi kependudukan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Kaimana, dengan memberikan kemudahan akses dan efisiensi dalam pengelolaan identitas kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Kaimana, Wahab Pical, menuturkan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang manfaat IKD dalam pelayanan publik. 

Diharapkan melalui sosialisasi ini, peserta dapat memahami manfaat dari aplikasi IKD, yang dapat membantu meningkatkan efisiensi, transparansi dalam administrasi kependudukan. (lau)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.