Serapan APBD Papua Barat Tahun 2023 Capai 55 Persen, Sisa 43 Hari

0
Plt.Sekda Papua Barat, Yacob Fonataba
MANOKWARI,KLIKPAPUA. com–Penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di Pemerintah Provinsi Papua Barat tahun 2023 per 13 November baru mencapai 55 persen.
Hal ini diungkap Plt.Sekda Papua Barat, Yacob Fonataba, Senin (13/11/2023) di kantor Gubernur. Sekda meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggenjot pengunaan anggaran, yang tersisa hanya 43 hari ke depan. “Kepada seluruh pimpinan OPD agar bekerja dengan lebih efektif lagi,” katanya.
Hal terpenting, lanjut Sekda, adalah kelengkapan dokumen program sasaran, harus lengkap. “Jadi ketika, nanti dieksekusi akan mendapatkan outputnya dalam bentuk laporan. Kalau itu kegiatan fisik harus jelas di lapangan. Prinsipnya, optimis dapat di laksanakan,” tuturnya.
Dia menjelaskan, APBD Induk 2024 sedang di susun. Tinggal pembahasan bersama dengan DPR Papua Barat.  “APBD Induk 2024 nilainya tidak jauh beda, hampir mirip,” jelasnya.
Ia menyebut sebelumnya Penjabat Gubernur mengecek perkembangan realisasi program kegiatan yang sudah dilaksanakan di setiap OPD, dari masing-masing OPD sudah melaporkan hampir 75 persen anggaran terealisasi. “Realisasi anggaran masih di bawah, ada kegiatan pekerjaan fisik yang nilainya besar, tunggu realisasinya,” tuturnya. (ar)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.