BPBD Bintuni dan Papua Barat Rapat Persiapan Penyusunan Dokumen Kebencanaan

0
1036
Sekda Teluk Bintuni, Gustaf Manuputty.

KLIKPAPUA.COM,BINTUNI – BPBD Teluk Bintuni bersama BPBD Papua Barat menggelar rapat persiapan penyusunan dokumen kontijensi penanggulangan bencana,  di aula Sasana Karya Kantor Bupati, Kamis (27/6/2019).

Dibuka oleh Sekretaris Daerah Teluk Bintuni Gustaf Manuputty, kegiatan ini juga dihadiri sejumlah stakeholder lainnya, baik OPD terkait, TNI, Polri, PMI dan tamu undangan lainnya.

Gustaf Manuputy mewakili Bupati Teluk Bintuni dalam sambutannya mengatakan, penanggulangan bencana menjadi tanggungjawab bersama baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, bersama masyarakat.

Oleh karena itu, perlu diketahui penanggulangan bencana, pengurangan resiko bencana, perencanaan penanggulangan, pemanduan dalam perencanaan pembangunan, persyaratan analisis resiko bencana, pelaksanaan dan penegakan rencana tata ruang wilayah, serta persyaratan standra teknis penanggulangan bencana yang salah satunya adalah pelaksanaan kontijensi.

“Kontijensi bencana kata sekda, merupakan keadaan dalam mneyusun sekenario penanganna darurat, ketika terjadi pennaganan bencana berdasarkan, kajian teknis dari instansi yang berwenan. Dengan tujuan agar sarana prasarana vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi,” katanya.

Diktakannya adapun pemberlakuan kontijensi ini dilakukan sejak berlangsungnya, tanggap darurat hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

Mengingat pentingnya kontijensi ini, maka peran serta semua instansi terkait, sangat dibutuhkan guna mengantisipasi terjadinya bencana.

Sekda juga berharap semua organisasi dan instansi terkait dapat terlibat aktif menyusun rencana kontijensi tersebut.

“Karena ini adalah lintas sektor maka semua OPD dapat berperan sesuai dengan tugas pokok dna fungsinya masing masing,” pungkasnya. (at)

Editor: BUSTAM

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.