Pemukiman Terancam, Warga Wandoki Minta Normalisasi Kali

0
297
Kepala Kampung Wandoki, Sergius Waran.

MANSEL,KLIKPAPUA.COM – Warga Kampung Wandoki, Distrik Oransbari, Kabupaten Manokwari Selatan, meminta pemerintah menormalisasi sungai (kali) yang ada di kampung itu.

Pasalnya, kali tersebut semakin melebar akibat terkikis arus banjir. Ini bakal berdampak ke pemukiman warga yang tidak jauh berada dari kali itu.

“Yang ada di sebelah itu sebenarnya kampung baru, awalnya kami di bawah (sambil menunjuk ke arah pantai depan SD kampung Wandoki), tapi karena tiap tahun terkikis, akhirnya kami pindah lokasi,” kata Kepala Kampung Wandoki, Distrik Oransbari Manokwari Selatan, Sergius Waran, baru-baru ini.

Sergius mengingatkan pemerintah, sebab mereka tidak ingin pindah kampung lagi untuk yang kedua kalinya.

Lokasi kampung lama mereka saat ini sepenuhnya sudah tidak ada daratan. Saat ini wilayah sebagian kampung ini juga sudah mulai terancam dari kikisan air kali. “Untuk itu kami berharap supaya mulai dari jembatan Kali Wandoki hingga ke muara ini kalau bisa secepatnya di pasangi bronjong,” tambahnya.

Sergius mengaku sudah mengusulkan ke Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan, bahkan sudah pernah ditinjau oleh dinas terkait, hanya saja sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari pemerintah.

“Sekarang kebun milik warga di sekitar kali ini sudah semakin habis, sedikit lagi kikisan air kali ini sampai di balai kampung dan rumah warga, sebelum bertambah parah, kami harap supaya bisa segera diantisipasi,” harapnya.

Sergius juga mengaku mengenai usulan normalisasi kali ini juga sudah pernah disampaikan secara lisan kepada pihak balai. Tapi pihak balai meminta dokumen proposal. “Ini yang kami masih sementara berusaha, karena kami di pemerintahan kampung belum terbiasa menyusun proposal untuk normalisasi kali,” tutupnya. (st)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.