Masyarakat Hiyou Distrik Neney Minta Dibangunkan Jalan Aspal dan jembatan

0
Masyarakat Hiyou
Jalan melewati kali menuju Kampung Hiyou. (Foto: Andi/klikpapua)

MANSEL,KLIKPAPUA.com— Belum merasakan akses jalan dengan baik, masyarakat Kampung Hiyou, Distrik Neney,Kabupaten Manokwari Selatan minta pemerintah daerah membangun jalan aspal dan jembatan di kampung mereka.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kampung Hiyou, Essau Iba saat di temui di Kampung Hiyou, Distrik Neney bersama Danpos Neney Koramil 1808-06/ Serka Hermanus Ahoren saat melakukan kerja bakti bersama masyarakat, Rabu (9/3/2022).

Kepala kampung Hiyou, Essau Iba mengatakan, akses jalan dari mata jalan sesum ke Kampung Hiyou sudah dibuka dibuka sejak 2015 lalu. Namun, belum di aspal sampai sekarang, sehingga masyarakat berharap agar pemerintah memperhatikan jalan tersebut untuk di aspal. “Kita sudah usulkan terus setiap dilakukan musyawarah kampung, musyawarah distrik, musyawarah kabupaten, namun belum ada jawaban dari pemerintah,” ujarnya.

Oleh karena itu,dia berharap pengaspalan dari mata jalan Sesum sampai di Hiyou sekitar tiga kilometer agar bisa diakomodir pemerintah dalam perencanaan. “Sehingga masyarakat di kampung bisa menikmati akses jalan dengan baik,”harap Essau Iba.

Diungkapkan, salah satu kendala masyarakat dalam memasarkan hasil kebun, adalah akses jalan yang tidak baik. Ini yang membuat kendaraan enggan masuk untuk cari penumpang di kampung tersebut. “Kita harus keluar untuk tunggu di mata jalan, baru mereka masuk di kampung atau tidak masyarakat yang keluar bawah jualan jalan kaki tunggu mobil di luar.  Karena terkadang,  pada saat musim hujan dan air kali naik tidak bisa di lewati kendaraan. Sehingga perlu juga menjadi perhatian dari pemerintah untuk membangun jembatan juga,”  harapnya.

“Karena saat air kali naik, kadang masyarakat harus parkir motor di pinggir jalan baru berjalan kaki ke kampung, setelah air surut baru kembali ambil motor,” tambahnya.(eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.