Refocusing Anggaran: Kegiatan di Dinas Kesehatan Mansel Hampir Seluruh Direvisi  

0
233
Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan bersama OPD terkait membahas kembali anggaran dalam rangka upaya pencegahan penyebaran dan persiapan penanganan Covid-19. (Foto: Andi/klikpapua)
MANSEL,KLIKPAPUA.COM– Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan sudah melakukan refocusing (memfokuskan kembali) anggaran dalam rangka upaya pencegahan penyebaran dan persiapan penanganan Covid-19 di daerah tersebut.
Refocusing anggaran di lingkup Pemda Mansel ini difokuskan di Dinas Kesehatan setempat. “Kita sudah memulainya sejak hari Jumat lalu, dalam situasi ini kita fokuskan di Dinas Kesehatan, tapi beberapa dinas lainnya juga sudah melakukan pengalihan anggaran khususnya anggaran perjalanan dinas untuk membantu upaya pencegahan,” ungkap Sekda Mansel, dr. Hengky Veky Tewu saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (2/4/2020).
Disampaikan, untuk mencegah penyebaran pandemi Corona di Kabupaten Manokwari Selatan maka kegiatan di Dinas Kesehatan Manokwari Selatan hampir di revisi seluruhnya, untuk saat ini kegiatan yang akan dikuatkan kedepannya adalah peningkatan energi baik fisik maupun mental para petugas serta penguatan gizi bagi masyarakat, terutama bagi warga yang rentan dengan penyakit.
Hengky yang juga merupakan ketua tim sekaligus Juru Bicara Satgas Covid-19 Manokwari Selatan menyampaikan bahwa OPD terkait bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah ikut terlibat dalam kegiatan penyesuaian anggaran dan kegiatan tersebut dengan upaya pencegahan yang sedang dilakukan oleh pemda.
Sesuai pantauan media, sampai pada hari ke enam refocusing anggaran ini masih berlanjut hingga sore hari, ikut serta pada kegiatan tersebut Bappeda, Inspektorat, Keuangan dan dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah.
Selain Dinas Kesehatan adapun beberapa dinas terkait yang sudah melaporkan kesiapan mereka untuk menggeser perjalanan dinas dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini yaitu Dinas Pertanian, Perindagkop, Kebudayaan dan Pariwisata, dan Inspektorat.
Ditanya soal perkembangan program social distancing di Kabupaten Manokwari Selatan, Hengky mengaku bahwa program tersebut berjalan semakin baik, melalui refocusing anggaran yang mereka lakukan sudah sampai 6 hari ini juga difokuskan untuk meningkatkan kesadaran, kekompakan serta kesiapan warga dalam menjalani social distancing lebih baik lagi.
“Layanan kesehatan akan ditingkatkan, dari on call ke pengontrolan berkalah bagi warga yang rentan, serta penguatan fasilitas di puskesmas untuk menjalankan meningkatkan layanan tersebut,”pungkasnya. (eap/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.