Chritopel R.Mandacan : Prioritas Pemerataan Tenaga Guru dan Kompetensi

0
202

KLIKPAPUA.COM, MANSEL- Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari Selatan terus berupaya melakukan pemerataan tenaga guru di semua sekolah yang ada di enam distrik yang ada di kabupaten tersebut.

Setelah ada pemerataan, akan dilanjutkan pada peningkatan kompetensi tenaga pengajar di daerah itu. “Supaya kualitas sama, maka kompetensi guru harus kita siapkan. Guru dulu sekarang yang harus kita fokus,” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Manokwari Selatan, Christopel R. Mandacan kepada klikpapua.com, Jumat (12/7/2019).

Menurut Cristopel, dengan jumlah fasilitas gedung dan ruang yang ada, cukup dapat menampung jumlah siswa yang ada di Mansel. “Kalau guru merata. Baru kita bisa terapkan sistem zonasi yang seperti digalakkan sekarang ini. Prioritas utama guru dulu. Supaya kualitas bisa merata,” katanya.

Guru yang disebarpun harus sesuai kebutuhan tiap sekolah, misalnya sekolah A membutuhkan guru mata pelajaran IPA, yang harus diberikan adalah guru mata pelajar tersebut.

Saat ini jumlah guru honor di Mansel sebanyak 574. Angka ini sudah termasuk usia di atas 35 tahun, ada juga yang lulusan SD, dan sarjana-sarjana yang lain.

“Formasi tahun 2018 kami mendapatkan kuota 495. Tapi belum dipakai 200an. Karena yang memenuhi syarat hanya separuhnya. Karena pak Mentri Pendidikan sudah sampaikan, untuk Papua dan Papua Barat, tetap harus diutamakan bagi putra asli Papua. Dan yang lahir, besar atau menetap di Papua. Hidup dan akan mati di Papua. Itu tetap diterima,” kata Crish, sapaan akrabnya.

Apabila tenaga pendidikan guru yang selesai kuliah, dan akan mengabdi, tetap akan diterima. “Asalkan dia tinggal di Mansel, tetap kami prioritaskan. Kita butuh sesuai klasifikasi tenaga pendidik, jangan sampai yang ada guru agama semua. Nanti bidang lain tidak ada, jadinya kualitas pendidikan tidak bisa berjalan sesuai standar,” katanya.

Ia memastikan bahwa Pemerintah Kabupaten Manokwari memberikan perhatian serius terhadap pendidikan. Ini menjadi prioritas pasangan Bupati dan Wakil Bupati (Markus Waran-Wempi Welly Rengkung), sesuai visi misinya.

Editor: BUSTAM

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.