Bupati Markus Waran Teken MoU Penyusunan dan Pelaksanaan KLHS-RPJMD Bersama Tim Penyusun Unipa

0
263
MANSEL,KLIKPAPUA.com—Bupati Manokwari Selatan, Markus Waran, mendatangani nota kesepahaman (MoU) perjanjian kerjasama penyusunan dan pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) RPJMD Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel) bersama tim penyusun dari Universitas Papua (Unipa).
Pejabat Mansel yang turut mendampingi bupati Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muh. Amir, dan Kepala Bappeda Temi Sembor. Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium Fakultas Kehutanan Unipa di Jalan Gunung Salju Amban, Jumat (30/7/2021).
Dalam kesempatan itu, Bupati Waran mengatakan, sesuai RPJMD visi-misi bupati dan wakil bupati dari periode pertama hingga kedua saat ini, untuk kajian KLHS arahnya memang belum dilakukan. “Memang sebelumnya saya mengusulkan kepada Kepala Bappeda untuk dilakukan beberapa kajian terkait visi-misi untuk dituangkan dalam RPJMD secara berjenjang,” ungkapnya.
Saat itu,menurut Bupati Waran, ada beberapa masukan dari Bappeda yang menyarankan melakukan kontrak kerjasama dengan universitas dari luar. Tetapi dirinya menyampaikan terkait urusan pembangunan, carilah universitas terdekat. “Kepada kepala Bappeda yang baru pada periode kedua, sesuai visi-misi terkait RPJMD sejak pelantikan, saya minta berkoordinasi dengan teman-teman dari Unipa, supaya nanti dari Unipa yang lakukan kajian KLHS, dan puji Tuhan tahun ini sudah dilakukan, dan ternyata pemerintah provinsi mengapresiasi kinerja daripada pokja, teman-teman dari Bappeda dan Pokja Kabupaten berkaitan dengan penyusunan KLHS yang dilakukan Unipa,” jelasnya.
Lanjut Bupati Waran menyampaikan, semua data menyangkut kondisi rill (data sebenarnya). Sehinga dapat memacu serta mengingatkan pemerintah daerah dalam pembangunan kedepan, melakukan pembenahan dari beberapa sektor baik sektor ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya. “Untuk mencari data kajian KLHS saya pikir Unipa sudah cukup mapan dan matang serta merupakan salah satu universitas di Indonesia, terkenal di dunia. Saya sampaikan ini bukan karena saya alumni Unipa,” sambungnya.
Selain itu, orang nomor satu di Mansel juga menyampaikan terima kasih ke Unipa, yang sudah memberikan kontribusi dan telah di dedikasikan kepada Pemerintah Manokwari Selatan.  “Karena itu, kerjasama ini akan terus kita bangun dan tingkatkan di bidang lingkungan dan bidang lainnya,” ungkap Bupati Waran.
Ketua Tim Penyusun KLHS Fakultas Kehutanan Unipa, Dr. Jonni Marwa S.HUT., M.Si menyampaikan, konsultasi publik pertama sudah dilakukan, rapat-rapat pokja pun demikian. Dan sudah dilakukan kajian konsultasi publik kedua di Oransbari, sekaligus menyampaikan isu strategis. Dan kembali dilanjutkan dengan rapat pokja, untuk memastikan menyampaikan isu strategis sebagai strategis paling prioritas. Dan sampai rapat terakhir tim penyusun Unipa menyusun data dari informasi.
Selanjutnya,dilakukan kembali tatap muka. Melanjutkan dengan proses integrasi, dan proses integritas sudah dilakukan. Juga menganggap bahwa tim yang mengerjakan RPJMD merupakan bagian dari KLHS dan secara tidak langsung RPJMD sudah terintegrasi di dalam dokumen KLHS, dan paling terakhir adalah penjaminan kwalitas dari bupati selaku kepala daerah yang mempunyai visi-misi dan dokumen RPJMD. “Dan memastikan apa yang kami tim Pokja lakukan sesuai dengan rencana, proses dan prosedur, sehingga pak bupati mandandatangani dokumen ini, berarti pak bupati setuju dengan dokumen kami,” tuturnya.
Setelah penandatanganan MoU ini akan dilakukan validasi di Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan sesudah validasi dokumen keluar, rekomendasi keluar, tugas untuk KLHS selesai dan KLHS Manokwari Selatan yang pertama dalam RPJMD tahun ini. “Dan memang saya pikir sangat berkualitas,” ucapnya. (eap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.