8 Petugas Puskesmas Oransbari Sudah Rapid Test, Hasilnya Negatif

0
Petugas medis di Puskesmas Oransbari.
MANSEL,KLIKPAPUA.COM– Delapan dari 12 petugas medis di Puskesmas Oransbari yang sempat merawat Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sudah menjalani rapid test (tes cepat). Hasilnya menyatakan kedelapan petugas tersebut negatif. Tersisah 4 petugas akan menjalani tes pada Kamis (16/4/2020).
Empat  petugas tersebut akan menjaani tes bersamaan dengan tujuh warga Oransbari lainnya, yang merupakan keluarga pasien. “Untuk keluarga yang menjaga pasien saat dirawat akan kita tes setelah masa karantina selesai, bersamaan dengan empat petugas yang belum sempat jalani test,” ungkap Kepala Puskesmas Oransbari, Giman saat dikonfirmasi via ponsel, Selasa (14/4/2020).
Ketujuh orang keluarga yang sedang jalani karantina mandiri adalah mereka yang menjaga pasien saat menjalani perawatan. “Waktu di puskesmas ada 5 orang yang gantian jaga, sementara waktu di RSUD 2 orang yang jaga, jadi total 7 orang semua,” katanya.
Lebih lanjut, Giman menyampaikan ke tujuh keluarga pasien yang sedang menjalani karantina mandiri, semuanya tinggal di satu rumah, sesuai jadwal masa karantina akan habis pada Kamis.
Giman berharap, semua orang yang kontak dengan pasien PDP tersebut tidak terinfeksi oleh virus, meskipun rapid test mendeteksi adanya virus di dalam tubuh pasien yang dirujuk oleh Puskesmas Oransbari dua pekan lalu itu, namun Giman juga berharap agar hasil swapnya bisa memberikan hasil yang berbeda. “Harapan kita semuanya tetap baik-baik saja, semoga daerah kita tetap aman dari penyebaran Covid-19 ini,” katanya lagi.
Sementara itu, untuk mengantisipasi hal-hal serupa, Giman juga mengaku telah melakukan perbaikan jadwal jaga oleh petugas di Puskesmas, meskipun disampaikan bahwa layanan di puskesmas tetap jalan setelah 12 orang petugasnya harus menjalani masa karantina, namun perlu ada penyesuaian yang lebih baik lagi.
“Kemarin itu ternyata kita ada 12 petugas, waktu mereka harus karantina memang pelayanan tetap jalan namun kita sempat kewalahan, makanya tadi (kemarin, red) kita ada lakukan rapat untuk penyesuaian jadwal yang lebih baik lagi,” tambahnya. (eap/bm)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.