Wapres JK Serahkan Penghargaan Kalpataru ke Lukas Awinam Barayap

0
444

KLIKPAPUA.COM,JAKARTA – Program Kalpataru yang dicanangkan sejak tahun 1980 merupakan bentuk apresiasi tertinggi yang diberikan kepada mereka, baik individu maupun kelompok, yang dinilai berjasa dalam merintis, mengabdi, menyelamatkan, dan membina Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor P.30/MENLHK/SETJEN/KUM.1/4/2017 tentang Penghargaan Kalpataru.

Penghargaan ini sejak tahun 1980 sampai dengan tahun 2019,dan telah ditetapkan sebanyak 378 Penerima Penghargaan Kalpataru, termasuk salah satunya adalah pemanggil ikan Lukas Awinam Barayap dari Kampung Bakaro – Distrik Manokwari Timur, Provinsi Papua Barat yang mampu melestarikan lingkungan dengan kearifal lokal.

Penghargaan ini sesuai dengan Surat dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : S-140/PSKL/Kecing/PSL.3/7/2019 Tanggal 1 Juli 2019 yang ditujukan kepada Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan dengan perihal Penganugrahan Penghargaan Kalpataruh Tahun 2019 yang dilaksanakan, Kamis (11/07/2019) di Jakarta.

Pemberian penghargaan Kalpataruh 2019 diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Lukas A. Barayap yang didamping langsung oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan.

Penghargaan Kalpataru sejatinya merupakan amanah bagi penerimanya untuk tetap menjaga dan bahkan meningkatkan perannya dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Kegiatan dan karya para pejuang lingkungan ini telah memberikan dampak nyata bagi peningkatan ekologi, ekonomi, dan sosial budaya, sehingga perlu dikembangkan dan direplikasi sebagai daya ungkit untuk mendorong inisiatif individu maupun kelompok masyarakat lainnya.

Para penerima Penghargaan Kalpataru dapat berperan aktif sebagai mitra, narasumber, fasilitator ataupun pendamping bagi pemberdayaan masyarakat.

Sumber: Dok.Biro Humas dan Protokol PB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.