Wagub Ajak Peserta Mata Pena Litbang 2021 Sosialisasikan Pembangunan Berkelanjutan di Papua Barat

0
159
Penandatangan kesepakatan pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional di Papua Barat, Senin (14/6/2021). (Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani memberikan apresiasi atas kinerja Balitbangda, yang dengan dukungan kerjasama berbagai mitra telah melaksanakan petunjuk dan arahan gubernur dengan baik.
Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani saat membuka acara  fasilitasi belajar konten digital mata pena Litbang tahun 2021, Senin (14/6/2021) di Mansinam Beach.
Menurutnya, Provinsi  Papua Barat adalah satu-satunya provinsi berkelanjutan yang mengedepankan aspek konservasi. “Dalam pembangunan Deklarasi Manokwari telah menjadi babak baru dalam pembangunan berkelanjutan di tanah Papua di Indonesia dan di dunia, dimana komitmen melestarikan minimal 70% luas tutupan hutan dan 50% luas pesisir dan laut sebagai kawasan lindung, merupakan modal yang kuat untuk melawan krisis iklim dunia saat ini, dan sebagai warisan bagi anak cucu kita di masa yang akan datang tidak hanya di daerah ini, tapi untuk seluruh umat manusia,” ungkapnya.
Kata Lakotani, disamping pencapaian monumental tersebut, juga banyak capaian-capaian pembangunan lainnya, yang telah dicapai dari berbagai aspek pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, yang harus disebarluaskan informasinya untuk menjadi pengetahuan semua pihak, terutama generasi muda sebagai pewaris masa depan.
“Kita telah saksikan bersama-sama penandatangan kesepakatan pengembangan kawasan strategis pariwisata nasional di Papua Barat, termasuk pembangunan dan pengembangan kompleks teknologi dan inovasi produk Kakao dan Kopi,” ucapnya.
Berbagai capaian ini, menurut Wagub, menjadi tanggungjawab bersama untuk mensosialisasikan kepada masyarakat, tentang keberhasilan pembangunan di daerah, dan tentunya itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, media dan masyarakat, tetapi juga generasi muda, termasuk para pemuda yang hadir dan mengikuti kegiatan tersebut.
Pelaksanaan fasilitasi belajar konten digital mata pena Litbang tahun 2021 bagi pemuda di Papua Barat dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah untuk mempersiapkan para pemuda terhadap perkembangan zaman, terutama teknologi informasi dan instrumentasi digital yang semakin luas dan cepat.
“Dimana perkembangan media, terutama internet yang menyasar ke berbagai aspek kehidupan dari sekedar catatan harian, berkeluh-kesah, bisnis, pendidikan dan lainnya sebagainya. Kondisi ini sangat mempengaruhi cara hidup manusia saat ini khususnya generasi muda milenial. Diharapkan agar terampil, cakap dan bijaksana dalam memberi informasi yang baik benar dan bertanggung jawab serta menghindari informasi hoax yang menyesatkan,” tandasnya.
Wagub juga berpesan kepada peserta agar dapat mengikuti proses pembelajaran ini dengan baik, sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menghasilkan konten-konten digital yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat secara umum,  termasuk mempromosikan potensi unggulan daerah seperti potensi wisata budaya, alam, lingkungan dan keanekaragaman hayati sebagai bagian dari tanggungjawab bersama untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Papua Barat.
“Mohon bantuan semua pihak, terutama lembaga institusi negara dan pemerintah daerah (Bupati/Walikota dan OPD ) terkait untuk mendukung dan membantu mengembangkan potensi para pemuda generasi milenial kita di Papua Barat, agar mereka lebih kreatif, inovatif, maju dan mandiri dalam menggerakkan perekonomian kita,” harapnya.
“Kami juga mohon bantuan Bapak Bupati Manokwari, Bupati Manokwari Selatan dan Bupati Pegunungan Arfak untuk menindaklanjuti kesepakatan kita terkait KSPN dan Sains TeknoPark, sehingga segera bisa terbangun sesuai harapan kita semua,” demikian harapan Wagub. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.