Sambut HUT RI ke- 77, Babinsa Kibarkan Bendera Merah Putih ke Kampung-Kampung Pinggiran Manokwari

0
49

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Sambut HUT RI ke-77 tahun 2022, Babinsa jajaran Koramil 1801-01/Manokwari beserta warga kampung binaan melakukan sosialisasi dan aksi pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak di beberapa kampung binaan, khususnya di pinggiran Kota Manokwari pada Rabu (3/8/2022)

Kegiatan ini dilaksanakan setelah melihat kondisi di lapangan di mana setelah beberapa hari memasuki bulan Agustus masih banyak warga dan kantor/instansi swasta dan pemerintahan belum mengikuti anjuran atau imbauan pemerintah untuk memeriahkan HUT RI untuk memasang umbul-umbul dan mengibarkan Bendera Merah Putih selama sebulan penuh di bulan Agustus ini.

Adapun kegiatan hari ini melibatkan para Babinsa sebagai gardan terdepan dalam membina kesadaran berbangsa dan bernegara bagi warganya dengan sasaran selain mendatangi kantor kantor pemerintahan di tingkat kampung untuk mengingatkan pemasangan umbul-umbul juga membagikan dan mengibarkan umbul-umbul dan bendera merah putih di beberapa kampung yaitu Kampung Petrus Kafiar Amban Pantai yang merupakan kampung percontohan Merah Putih.

Babinsa Serka Niko Giay dkk bersama warga termasuk mama-mama ikut serta memasang umbul-umbul sepanjang jalan, termasuk mengibarkan bendera Merah Putih di beberapa rumah warga.

Kemudian di Kampung Ayambori Babinsa Serma Boas Bolang dkk selain memasang bendera di rumah warga juga membantu tali tiang bendera di SD Inpres Ayambori serta memasang membagikan bendera merah putih kepada para pejasa taksi laut di dermaga penyeberangan Kwawi.

Selanjutnya di Kampung Warmomi Distrik Manokwari Selatan Pelda Nurji bersama Babinsa lainnya memasang umbul-umbul dan mengibarkan bendera Merah putih di beberapa rumah warga.

Menurut Danramil 1801/Manokwari Mayor Inf D. Mendrofa bahwa kegiatan ini sebenarnya tidak perlu diimbau ataupun di datangi setiap warga untuk mengibarkan bendera merah putih, karena apapun alasannya bahwa faktanya sejak Indonesia merdeka sampai saat ini.

“Kita telah banyak menikmati hasil kemerdekaan itu, pahlawan kemerdekaan tidak menuntut banyak kepada kita sebagai generasi penerus hanya menuntut rasa syukur dan kesadaran dari kita sebagai warga negara yang mencintai Negara Indonesia ini,” tuturnya.

Sementara itu salah warga di Kampung Petrus Kafiar Amban Pantai Kelurahan Amban Distrik Manokwari Barat Bpk Jhon Rumbiak mengakui belum memasang umbul-umbul dan mengibarkan bendera merah putih karena benderanya belum sempat dibelikan di pasar.

“Kita warga ini kadang lupa diri tidak bersyukur sama Tuhan, kita punya orang tua dulu sudah banyak gugur untuk kita merdeka, oleh karena itu kami ucapakan terima kasih kepada bapak Babinsa, saya mengimbau kepada warga Manokwari mari kita tidak usah banyak alasan lagi kita sambut dan meriahkan kemerdekaan Republik Indonesia ini tidak perlu yang susah susah cukup kita ambil sebatang bambu saja lalu kasih naik itu bendera Merah Putih,” ajaknya. (rls)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.