Resmikan Kantor MUI Termegah di Indonesia, Wamen Agama Apresiasi Perhatian Gubernur Papua Barat

0
456
Wakil Menteri Agama RI, H. Zainut Tauhid Sa'adi bersama Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan kantor MUI Papua Barat, Jumat (21/8/2020).(Foto: Aufrida/klikpapua)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.COM– Wakil Menteri Agama RI, H. Zainut Tauhid Sa’adi bersama Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meresmikan kantor MUI Papua Barat, Jumat (21/8/2020).
Wamen Agama RI, H.Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan Dewan Pimpinan Pusat dan Kementerian Agama Republik Indonesia mengucapkan selamat atas diresmikannya gedung Kantor MUI Provinsi Papua Barat. “Kantor yang sangat megah dan termegah di seluruh Indonesia yang dibangun menggunakan 100% anggaran APBD Provinsi Papua Barat,” kata Wakil Menteri Agama yang memberikan penghargaan, apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Papua Barat atas bantuan perhatian dan kerjasama yang luar biasa, sehingga bisa terbangunnya gedung yang megah ini. “Tidak lupa ucapan terima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam pembangunan gedung kantor MUI Provinsi Papua Barat,” tutur Wamen Agama dalam peresmian Gedung Kantor MUI Provinsi Papua Barat.
Menurutnya, dengan diresmikannya kantor MUI ini dapat meningkatkan semangat dan gairah kerja pengurus MUI Papua Barat dalam ikhtiar meningkatkan hikmah pelayanan dan pengabdian kepada umat bangsa dan negara, khususnya untuk masyarakat Papua Barat serta untuk membangun hubungan silaturahmi dan komunikasi dengan masyarakat, pemerintah dan menjalin hubungan koordinasi dengan jajaran organisasi keagamaan lainnya.
“MUI terus mendapatkan kepercayaan dari umat Islam di Indonesia, itu artinya ekspektasi umat Islam terhadap MUI semakin tinggi dalam banyak hal, MUI  kadang dituntut untuk bisa berperan lebih besar dari kewenangannya dan  kemampuannya, sehingga ini dapat menjadi cambuk bagi setiap pengurus MUI  untuk lebih berhikmah lebih keras, lebih baik,  lebih efektif dan efisien serta lebih terorganisasi  dengan baik,  sehingga di waktu mendatang MUI semakin mantap didalam  melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pelayan umat, pelindung umat, dan  sebagai mitra pemerintah dalam memperjuangkan terwujudnya keluhuran Islam dan muslimin, ” ungkapnya.
Dengan berdirinya MUI telah memiliki legitimasi, para ulama dan tokoh-tokoh Islam pendahulu kita memiliki visi untuk menciptakan kondisi kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan yang baik dalam wadah NKRI berdasarkan Pancasila.
Sementara itu Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan MUI merupakan, majelis yang sangat terhormat sejak diberdirikannya, dan merupakan wadah para ulama, para cendikiawan muslim. Serta menjadi harapan semua.  “Hari ini merupakan hari yang membahagiakan bagi umat muslim di Provinsi Papua Barat atas kehadiran Wakil Menteri Agama sekaligus Wakil Ketua MUI Pusat,” ucapnya.
Menurut Dominggus peran MUI semakin hari semakin bertambah besar, MUI juga dihadapkan untuk bisa menjawab perubahan zaman serta tantangan global. Harapan dan tuntutan umat Islam dalam peran MUI dan juga semakin meningkatnya kesadaran dan kebutuhan umat Islam. “Pemerintah berharap MUI mengambil peran sebagai mitra pemerintah dalam pembinaan kehidupan kemasyarakatan, kebangsaan dan keanekaragaman, sehingga hal itu membutuhkan respon MUI yang cepat, tepat dan optimal, ” tuturnya.
Komitmen pemerintah dalam membina kerukunan kehidupan umat beragama di Provinsi Papua Barat, sekaligus menjadikan Provinsi Papua barat sebagai rumah kebhinnekaan  miniatur toleransi, sebagaimana berdasarkan hasil Litbang Kementerian Agama RI, Provinsi Papua Barat mendapat peringkat satu dengan presentase 82,29 dengan toleransi umat beragama tertinggi di Indonesia.
Ditambahkan Dominggus, dengan hasil yang dicapai, membuktikan  bahwa Provinsi Papua Barat merupakan provinsi yang selalu mengedepankan  kehidupan beragama dan menjadi contoh dalam kebhinnekaan untuk membumikan toleransi  dan melangitkan perbedaan. (aa)
Editor: BUSTAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.