Pegiat Lingkungan Asal Teluk Wondama Sabet Penghargaan Kalpataru Tahun 2024

0
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pahlawan lingkungan asal Kampung Yende, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat meraih penghargaan prestisius Kalpataru. Penghargaan ini diterima atas dedikasi luar biasa dalam melestarikan alam Papua.
Pengumuman penerimaan penghargaan Kalpataru tahun 2024 disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Papua Barat, Raymond Yap, Rabu (5/6/2024) berdasarkan Surat Keputusan Nomor SK.574 tanggal 17 Mei 2024.
Menurut Raymond, penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya nyata dalam konservasi lingkungan, terutama terkait dengan perlindungan Kima, sejenis kerang raksasa yang langka di kawasan Papua. Penerima penghargaan, Adolof Olof Wonemseba, adalah sosok yang telah lama aktif dalam upaya melestarikan lingkungan di wilayahnya.
Didampingi oleh Balai Besar Taman Nasional Teluk Cendrawasih (BBTNTC), Adolof telah menunjukkan komitmen yang tinggi dalam menjaga keberlangsungan hayati Kima, yang merupakan hewan laut yang dilindungi.
“Proses penerimaan Kalpataru ini sangatlah cepat, dan Adolof berhasil masuk dalam 10 besar penerima penghargaan Kalpataru tahun 2024 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” ujar Raymond.

Adolof merupakan salah satu dari sedikit insan Papua yang dengan sungguh-sungguh menjaga dan melestarikan lingkungannya. Dedikasi dan semangatnya menjadi inspirasi bagi semua orang untuk turut serta dalam menjaga lingkungan hidup, sebagai warisan untuk generasi mendatang.
“Ucapan terima kasih disampaikan kepada BBTNTC atas bimbingan dan dukungannya dalam perjalanan Adolof sebagai pegiat lingkungan. Semoga keberhasilan Adolof menjadi cerminan bagi upaya bersama dalam menjaga kelestarian alam Papua,” pungkasnya.(aa)

 





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.