Operasi Lilin Mansinam 2020 di Masa Pandemi, Ini Pesan Kapolri yang Dibaca Kapolda PB

0
145
Polda Papua Barat gelar pasukan Operasi lilin Mansinam 2020, Senin (21/12/2020) di halaman Mapolda Papua Barat. (Foto: Humas Polda PB)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Polda Papua Barat gelar pasukan Operasi Lilin Mansinam 2020, Senin (21/12/2020) di halaman Mapolda Papua Barat. Operasi ini digelar untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru di masa pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut dihadiri Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa serta forkopimda lainnya. Dalam apel itu, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing, S.I.K.,M.Si membacakan amanat Kapolri Jendral Polisi Idham Azis.
Dikatakan Kapolri, bahwa perayaan Natal dan Tahun Baru berpotensi akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian maupun tempat wisata. Hal ini selain rawan terhadap gangguan keamanan, juga rawan pelanggar protokol kesehatan. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai hari ini sampai 4 Januari 2021. Dalam operasi ini akan dikedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.
Lanjut Kapolri mengatakan, operasi ini tentu akan tetap menerapkan protokol kesehatan, guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.
Secara nasional, Polri mengerahkan sebanyak 83.917 personil Polri, 15.842 personil TNI, serta 55.086 personil instansi terkait lainnya. Personil tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan kamtibmas dan kamseltibcar, dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan  di pusat keramaian, pusat belanja, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan dan lain-lain. “Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa. Apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih waspada. Jangan sampai perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” ujarnya. (kp1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.