Kolaborasi Pemda dan PKK, Intervensi Penurunan Stunting di Manokwari

0

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com–Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Manokwari bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari telah mencanangkan kebijakan intervensi percepatan penurunan stunting di daerah ini, Jumat (2/6/2023).

Pencanangan tersebut dihadiri, Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, Ketua TP PKK Papua Barat, Roma Megawanti Waterpauw, Bupati Kabupaten Manokwari, Hermus Indou, Sekda Kabupaten Manokwari, Henri Sembiring dan para kepala Puskesmas se Kabupaten Manokwari.

Febelina Indou, Ketua TP PKK Manokwari melaporkan, pencanangan ini untuk mengintervensi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Manokwari.

Pencanangan penurunan stunting ditandai dengan memberikan bantuan dana operasional dan perlengkapan masak kepada 15 Puskesmas di Manokwari untuk menangani 135 anak yang terindikasi stunting.

“Dari 15 Puskesmas yang tersebar di Manokwari ada 135 anak yang akan diintervensi sejak pencanangan hari ini,” tuturnya.

“Dana operasional yang akan diserahkan berjumlah Rp434.777.000, yang diberikan secara bertahap per dua minggu pelaksanaan kegiatan yang diperuntukkan pemberian makanan bergizi kepada anak setiap hari selama tiga bulan,” lanjutnya.

Bupati Manokwari Hermus Indou dalam sambutannya mengatakan, kehadiran Pj Gubernur Papua Barat bersama Pj Ketua TP PKK Papua Barat di pencanangan tersebut diyakini akan memberikan dampak yang besar terhadap penanganan stunting di Manokwari.

Urgensi dari penanganan stunting menjadi permasalahan nasional dan daerah yang mendapatkan perhatian serius, dan kebijakan prioritas dari Presiden Indonesia.

Dikatakan Bupati Hermus, upaya penanganan stunting di daerah ini, pemerintah kabupaten Manokwari telah mempersiapkan Perbub untuk mengorganisir semua pihak dapat bekerjasama.

“Dalam upaya penanganan stunting di kabupaten Manokwari, dari aspek regulasi kami telah mempersiapkan Perbub untuk menindaklanjuti arahan bapak Gubernur untuk menuntaskan angka stunting,” ucapnya.

Dari aspek kelembagaan, lanjut Bupati, Pemkab Manokwari telah membentuk tim koordinasi penurunan stunting dengan surat keputusan Bupati yang melibatkan semua OPD terkait termasuk PKK Manokwari.

Kebijakan perencanaan anggaran, melakukan validasi data yang mengalami kesenjangan. Harus sesuai kondisi di lapangan dan merujuk satu data.

Roma Megawanti Pasaribu Waterpauw, Pj Ketua PKK Papua Barat, Penanganan stunting menjadi program unggulan dan prioritas yang harus dilaksanakan oleh TP PKK disemua jenjang.

Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Papua Barat telah membentuk satgas menangani stunting di seluruh Papua Barat.

“Kabupaten Pegaf menyumbang angka stunting tertinggi di Papua Barat, sehingga Pemprov akan mengeroyok dalam menangani stunting di Kabupaten Pegaf,” kata Gubernur. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.