Ketua DPR PB: Paling Lambat Agustus Sudah Harus Sidang APBD Perubahan

0
111
Ketua DPR Papua Barat, Orgenes Wonggor. (Foto: Aufrida/klikpapua)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–DPR Papua Barat telah menyurati eksekutif untuk menyiapkan dan menyerahkan dokumen pembahasan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022.

Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor, Sabtu (30/7/2022) mengatakan, hal ini sesuai tupoksi legislatif dalam mengawasi tahapan dan pembahasan APBD yang tentunya sesuai aturan yang berlaku.

Sehingga kata Wonggor tak hanya sidang APBD Perubahan tetapi juga sidang- lainnya termasuk sidang pembahasan APBD Induk setiap Tahun Anggaran.

“Sesuai aturan memang Juli pembahasan APBD Perubahan sudah harus dimulai. Apalagi jika dalam tahun berjalan ada perubahan-perubahan anggaran maka sidang APBD Perubahan wajib hukum untuk dilaksanakan,”kata Wonggor.

Paling lambat lanjut Wonggor bahwa bulan Agustus pembahasan APBD Perubahan itu sudah harus dilaksanakan.

Ia mengakui, secara lembaga DPR Papua Barat sudah menyurati eksekutif tetapi hingga saat ini belum ada respon. Untuk itu ia juga telah menyampaikan kepada Sekwan (Sekretaris Dewan) agar menyurati eksekutif yang kedua kalinya.

“Dua Minggu lalu saya sudah sampaikan ke pak sekwan untuk menyurati pemprov lagi terkait dokumen APBD Perubahan,”tutur politisi Golkar ini.

Dan hingga saat ini, dewan masih menunggu. Ia meminta perhatian Pj Gubernur Papua Barat melalui TAPD serta OPD terkait agar segera menyiapkan dokumen kemudian disampaikan ke DPR Papua barat untuk segera dibahas.

“Pada prinsipnya DPR Papua barat akan mendorong pemprov untuk menyiapkan dokumen dimaksud untuk kemudian diserahkan kepada DPR Papua Barat untuk dibahas,”ujarnya

Sebab menurut Wonggor, Dewan juga punya mekanisme, artinya ketika dokumen APBD Perubahan itu diterima maka harus diagendakan.

“Bukan dokumen dikasih langsung kita bahas ada tahapan-tahapan yang harus kita lewati. Sehingga sangat diharapkan kerja sama yang baik tetap dibangun sehingga pembahasan APBD P juga bisa maksimal,”cetus Wonggor. (red)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.