Kemenag Manokwari Ukur Arah Kiblat 3 Lapangan Tempat Sholat Idul Fitri 1445H

0
Saat dilakukan pengukuran arah kiblat di Lapangan Kodim 1801/Manokwari. (Foto: Humas Kemenag Manokwari)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com—Usai menerima surat pemberitahuan dari Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Manokwari, Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Manokwari Saleem Mandar langsung memimpin pengukuran/penentuan arah kiblat pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1445H, Selasa (9/4/2024).
Langkah ini diambil untuk memastikan umat Muslim dapat melaksanakan ibadah dengan penuh khusyuk dan keyakinan.
Ada 19 lokasi tempat pelaksanaan Sholat Idul Fitri yang ditetapkan PHBI Kabupaten Manokwari , meliputi  3 lapangan dan 16 masjid yang berada di Kabupaten Manokwari.
Adapun 3 Lapangan yakni Lapangan Kodim 1801, Lapangan Mako Brimob dan Lapangan Kodam. Sedangkan 13 masjid adalah Masjid Ridwanul Bahri, Masjid At-Taqwa, Masjid Nurul Fatah, Masjid Darul Ulum, Masjid Al Falah AMD, Masjid Al Madinah, Masjid Al Hikmah, Masjid Al Kautsar, Masjid Babussalam, Masjid Hidayatullah, Masjid Al Muhajirin, Lapas Kam. Ambon, dan bapas Perempuan Anday.
Dijelaskan Saleem Mandar bahwa pengukuran dilakukan ingin memastikan setiap langkah yang diambil didasarkan pada prinsip ilmiah dan keakuratan yang tinggi.
Dengan memakai alat yang lengkap, dengan menggunakan Theodolit yang dipandu oleh matahari dan dibantu GPS, Kompas dan kalkulator kiblat. “Ini dilakukan untuk memastikan bahwa arah kiblat yang ditentukan memiliki ketepatan yang optimal sehingga jamaah tidak merasa was-was dan lebih tenang dalam menjalankan sholat Idul Fitri 1445H,” ujar Saleem Mandar.
Kolonel Hari Sandi,Kabintal Kodam XVIII/Kasuari mengatakan, jika lapangan telah mereka ukur arah kiblatnya untuk sholat Idul Fitri namun demi keakuratan agar di ukur kembali oleh Kemenag Kabupaten Manokwari. “Semoga besok cuaca mendukung, cerah dan tidak hujan sehingga pelaksanaan sholat dapat belangsung dengan khidmat,” ujar Hari Sandi.(rls/red)

Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.