Gubernur Letakan Batu Pertama, Pembangunan Pelabuhan Masni Dimulai

0
190
Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan meletakan batu pertam pembangunan Pelabuhan Masni, Jumat (23/10/2020).(Foto: Ist)
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com– Untuk menjawab kerinduan warga masyarakat dataran Warpramasi memiliki pelabuhan sendiri, menginggat Pelabuhan Manokwari cukup jauh. Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Dinas Perhubungan  mulai melakukan pembangunan Pelabuhan Masni, Distrik Masni, Kabupaten Manokwari.
Sebelum dilakukan pembangunan, dimulai dengan melakukan prosesi adat pemotongan Kepala Babi dan peletakkan batu pertama oleh Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan yang didampingi warga masyarakat Masni.
Gubernur mengatakan pembangunan Pelabuhan Masni ini dilakukan untuk kepentingan masyarakat. Pemerintah daerah membangun infrastruktur untuk mendukung konektivitas daerah-daerah terpencil. “Hari ini kita akan memulai pembangunan Pelabuhan Masni. Pembangunan tahap pertama ini  baru sebatas pematangan lahan, momen ini juga kita pakai untuk kita memulai taruh batu untuk  pembangunanan pemancangan tiang atau pembangunan pelabuhan,” ujar Gubernur dalam peletakan batu pertama pembangunan pelabuhan di Masni, Jumat (23/10/2020).
Dikatakan Gubernur, tahun depan  akan ditingkatkan volume pembangunan, sehingga lewat pembangunan ini juga  bisa memberikan peluang  kesempatan bagi warga yang ada di daerah ini untuk bisa ikut mengambil bagian, agar bisa bekerja  disini. “Tadi kepala dinas perhubungan sudah sampaikan kepada kita semua bahwa tanah yang ada ini ada 10 hektar, terima kasih banyak untuk kepala suku dan semua warga masyarakat yang memiliki hak ulayat di sini, terima kasih banyak kalian sudah mau bantu pemerintah, sehingga kita harapkan kedepan kita akan membangun pelabuhan di Masni,” ujar Gubernur.
Lanjut Gubernur mengatakan, pelabuhan bukan hanya dibangun begitu saja melainkan nantinya akan berfungsi sebagai pelabuhan integritas, yang bukan hanya akses masuk masyarakat, namun bisa juga digunakan untuk kapal-kapal barang untuk melakukan aktifitas bongkar muat kontainer.
Gubernur berharap agar seluruh kepala suku maupun pemilik hak ulayat dan warga masyarakat dapat mendukung pembangunan pelabuhan ini, agar dapat dikerjakan dan diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan. “Dukungan warga masyarakat sangat dibutuhkan,  karena  kehadiran pelabuhan ini sudah jelas akan ada pertumbuhan ekonomi baru di sini, nanti dengan adanya pembangunan pelabuhan di sini sudah jelas jalan utara akan  ditingkatkan juga,” pungkasnya. (aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.