Gandeng PWI Papua Barat, Ombudsman Gelar Pelatihan Jurnalis Bagi Asisten dan Calon Asisten

0
64
Ketua PWI Papua Barat, Bustam saat membawakan materi jurnalistik di Ombudman Papua Barat, Jumat (6/11/2020).
MANOKWARI,KLIKPAPUA.com–Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat mengadakan pelatihan jurnalistik dasar bagi para asisten dan calon asisten. Pelatihan yang menghadirkan Ketua PWI Papua Barat, Bustam sebagai pemateri ini berlangsung, Jumat (6/11/2020) di ruang Media Center kantor Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat.
Kepala Perwakilan Ombudsman RI Papua Barat, Musa Sombuk mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas menulis bagi insan Ombudsman RI Perwakilan Papua Barat, baik menulis berita maupun opini, yang dapat dimuat di website Ombudsman.
Musa juga mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk peningkatan kemampuan asisten dan calon asisten dalam menulis. “Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para asisten dapat menulis berita secara baik sesuai kaidah jurnalistik,” tutur Musa sebelum membuka kegiatan tersebut.
Dalam penyampaian materi, Bustam menjelaskan bahwa penulis harus memahami betul 5W+1H (apa, siapa, kapan, dimana, dan bagaimana). Ini merupakan rumus baku dalam menulis. “Berita yang dibuat dalam bentuk piramida terbalik, harus aktual, ekonomis dan lugas,” tutur Bustam.
Bustam juga menambahkan untuk meningkatkan kemampuan penulis, maka harus membiasakan banyak menulis dan membaca. “Karena dengan membaca setiap literasi yang ada, akan memberikan kemampuan bagi penulis dalam membuat berita,” tuturnya. Pelatihan yang diikuti 13 peserta ini selain menerima materi, juga melakukan praktek penulisan berita secara langsung. (*) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.