Dua Dinas, Tiga Badan dan Dua Biro di Pemprov PB Ditetapkan Sebagai Unit Kerja Zona Integritas

0
86
Unit Kerja Zona Integritas

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com— Dua Dinas, Tiga Badan dan Dua Biro ditetapkan sebagai unit kerja Zona Integritas  menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkup Pemerintah Provinsi Papua Barat.

Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan, setelah pencanangan ini,  OPD yang telah ditetapkan sebagai unit kerja Zona Integritas (ZI), harus menyiapkan rencana aksi yang konkrit sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Pemerintah dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM di lingkungan kementrian/lembaga dan pemerintah daerah dan peraturan Menpan RB Nomor  90 tahun 20219 tentang Pembangunan dan Evaluasi ZI menuju WBK/WBBM di instansi pemerintah,”ungkap Sekda Papua Barat Dr. Drs Nataniel Mandacan, pada oencanangan Zona Integritas Pemerintah Provinsi Papua Barat menuju WBK/WBBM dan penyerahan piagam penghargaan penyelenggara unit pelayanan publik dari Mentri PAN RB, Selasa (29/3/2022) di Manokwari.

Kurang lebih satu setengah bulan lagi   Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat periode 2017- 2022 akan mengakhiri masa kepemimpinan  periode pertama. Satu tekad dalam masa kepemimpinan periode pertama adalah melakukan pencanangan pembangunan ZI yang ditetapkan sebegai role model dan percontohan.

“Kepada perangkat daerah lainnya pada unit pelayanan publik dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPM-PTSP), unit pelayanan publik Samsat Manokwari, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Badan Kepegawaian Daerah, Biro Pengadaan Barang dan Jasa serta Biro Administrasi Pelaksanaan Otonomi Khusus, dan akan di usulkan kepada Menteri PAN dan RB,”beber Gubernur.

Dalam membangun ZI, salah satu tahapannya adalah melakukan pencanangan ZI yang merupakan bentuk pernyataan pemerintah daerah bahwa OPD siap menyandang predikat ZI.

Diharapkan pada kepemimpinan berikutnya telah terjadi perubahan dan peningkatan dari pembangunan ZI meningkat menjadi WBK/WBBM.

Selain itu, dilakukan penyerahan penghargaan kepada unit pelayanan publik (kantor Samsat Manokwari dan DPMPTSP Papua Barat yang mendapat penghargaan unit penyelenggara pelayanan publik kategori pelayanan prima kepada UPT Samsat Manokwari dengan meraih nilai A dan kepada DPMPTSP Provinsi Papua Barat  dengan predikat pelayanan baik dengan meraih nilai B.

“Juga pada tahun 2021, inovasi pelayanan publik “ mini catle yard sipandu “ Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan berhasil masuk dalam kategori terpuji (top 45) Nasional. Kiranya prestasi yang telah diraih khususnya dalam peningkatan terus dipacu untuk lebih baik demi Papua barat yang maju dan masyarakat sejahtera,”pungkasna.(aa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.