Diresmikan Kapolri, ETLE Resmi Berlaku di Papua Barat

0
186

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Elektronik Traffic Law Enforcement (ETLE) resmi berlaku di Provinsi Papua Barat, hal ini ditandai dengan diresmikannya secara nasional oleh Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo, pada Sabtu (26/3/2022).

Di Papua Barat, peresmian dipusatkan di gedung Regional Traffic Management Centre (RTMC) Polda Papua Barat, di jalan Sujarwo Condronegoro, dihadiri Kapolda Papua Barat beserta jajaran dan Kapolres Manokwari beserta jajaran.

Peresmian secara nasional ETLE ini diikuti 14 provinsi termasuk di Papua Barat. Dalam peresmian tersebut kapolri menyampaikan lalu lintas merupakan salah satu perhatian utama kepolisian.

“ETLE dan Sim On Line menjadi program unggulan Polri. Ini harus diperluas untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap apa yang sudah dilakukan oleh Polri. Untuk presentase pembuatan SIM on line masih minim menggunakan aplikasi. Sehingga ini yang harus ditingkatkan karena pelayanan SIM on line memudahkan masyarakat. Selain itu masih tingginya angka kecelakaan diharapkan bisa menurun dengan adanya ETLE. ETLE diharapkan masyarakat dapat mematuhi peraturan berlalu lintas agar keselamatan lebih baik,” kata Kapolri Sigit.

Keberadaan ETLE juga diharapkan mampu menjadi data base yang dapat digunakan oleh Kementrian/Lembaga maupun pemda serta memperkuat transformasi sistem digital. Prabowo juga berpesan agar kendaraan yang berada dijalan merupakan kendaraan yang layak jalan.

“Masyarakat harus lebih waspada dan tertiba berlalu lintas karena adanya ETLE dapat memantau prilaku pengendara. Disisi kepolisian, program ETLE adalah bagian dari penegakab hukum dengan memanfaatkan teknologi informasi,”tambahnya.

ETLE dapat menindak pelanggaran lalu lintas diantaranya pelanggaran traffic Light, pelanggaran tidak menggunakan helm, pelanggaran tidak menggunakan seat belt, pelanggaran keabsahan STNK dan lainnya. Di Papua Barat ETLE telah terpasang di jalan Trikora Wosi atau Traffic Light Haji Bauw hingga jembatan transito.

Secara virtual jajaran Lalu Lintas se Papua Barat juga mengikuti acara launching tahap kedua ini. Dalam penerapan ETLE ini jajaran kepolisian bekerjasama dengan sejumlah instansi seperti Kejaksaan, Pengadilan serta mitra dari perbankan. (dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.