Bupati Manokwari Ingatkan Pentingnya Menjaga Integritas Pemilu 2024

0
Bupati Manokwari memantau kesiapan Pleno tingkat Distrik melalui Desk Pemilu 2024 Kabupaten Manokwari, Sabtu (17/2/2024)

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Bupati Kabupaten Manokwari Hermus Indou mengingatkan pentingnya menjaga integritas proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di daerah ini, terutama menjaga pengamanan surat suara dan logistik dari TPS hingga ke KPU.

Hal ini dikatakan Bupati Hermus saat menghadiri Desk Pemilu 2024 Kabupaten Manokwari memantau arus balik kotak suara dari TPS ke PPD, serta memantau kesiapan Pleno di tingkat Distrik, Sabtu (17/2/2024) disalah satu hotel berbintang di Manokwari.

“Semua orang bertanggungjawab baik KPU dan Bawaslu tetapi juga Pemda dan unsur forkopimda dalam mengawal dan menjaga seluruh logistik juga hasil Pemilu untuk dapat dipastikan aman dan lancar sampai KPU,” tuturnya.

“integritas kita semua dipertaruhkan dalam Pemilu ini untuk memastikan Pemilu dan Demokrasi yang berkualitas di Kabupaten Manokwari,” lanjut Bupati,

Bupati Hermus mengatakan, Pemilu berintegritas itu adalah pemilu yang berjalan sesuai amanat konstitusi atau peraturan perundang-undangan yang ada, serta Pemilu yang minim pelanggaran dalam semua tahapan.

Selain itu, objektivitas pemilu harus dipertahankan mulai dari TPS hingga ke KPU, apa yang didapat dari TPS sampai PPD dan KPU harus dijaga dan dikawal.

“Kejujuran kita semua dipertaruhkan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun ini dan itulah yang akan melahirkan nilai kepuasan dari seluruh rakyat dan kontestan pemilu,” tuturnya.

“kalau pun dia kalah dia harus mengakui  kekalahannya dan dia puas juga bahwa itulah hasil kerjanya, dan jika dia menang dia juga merasa puas bahwasannya itulah hasil kerjanya di lapangan,” tutupnya.

Ditanya soal rekomendasi PSU dibeberapa TPS, Bupati mengatakan Rekomendasi PSU sepenuhnya merupakan wewenang Bawaslu setempat sebagai fungsi pengawasan. (dra)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.