567 Petugas Pantarlih se-Kabupaten Manokwari Dilantik, Sukseskan Pilkada 2024

0
Pelantikan 246 Anggota Pantarlih Distrik Manokwari Barat, Senin (24/6/2024) di Aula Fakultas Pertanian Unipa. (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Ratusan anggota panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 resmi dilantik, Senin (24/6/2024).

Pantarlih ini akan bertugas melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilih dalam pemilihan Gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati tahun 2024.

Ratusan Pantarlih dengan penuh semangat mengikuti prosesi pelantikan, diawali dengan pengambilan sumpah dan janji untuk melaksanakan tugas sesuai undang-undang demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak 27 November mendatang.

Semangat mereka semakin diperkuat dengan pembacaan Pakta Integritas oleh perwakilan Pantarlih dan penandatanganan fakta integritas oleh seluruh Pantarlih.

Kepala divisi teknis dan penyelenggara KPU Manokwari, Sidarman menyebut, total anggota pantarlih kabupaten Manokwari sebanyak 567 orang tersebar di 410 TPS pada 9 Distrik, 173 kelurahan dan kampung.

Sebanyak 567 Pantarlih itu terbagi di 9 Distrik yakni, Distrik Manokwari Utara 22 orang, Tanah Rubuh 24 orang, Manokwari Timur 34 orang, Warmare 34 orang, Manokwari Selatan 72 orang, Sidey 19 orang, Manokwari Barat 246 orang, Prafi 60 orang dan Distrik Masni 55 orang Pantarlih.

Pelantikan anggota Pantarlih ini dilakukan serentak di 9 Distrik se Manokwari. Distrik Manokwari Barat dilakukan di aula utama Fakultas Pertanian Unipa.

Ratusan anggota Pantarlih Manokwari Barat itu dilantik oleh ketua PPD Manokwari Barat, Elwadil Erlely yang disaksikan langsung oleh Ketua KPU Manokwari, Christine Ruth Rumkabu, Kepala Distrik Manokwari Barat, Isak Waramury dan jajaran Forkopimdis.

Setelah dilantik, ratusan petugas Pantarlih akan mengikuti apel siaga dan Bimtek.

Elwadil Erlely, Ketua PPD Manokwari Barat melaporkan, usai dilantik Pantarlih dapat menjalankan tugasnya melakukan Coklit, melakukan pendataan di wilayahnya masing-masing.

“Anggota Pantarlih menentukan suksesnya Pilkada nanti, sehingga seluruh Pantarlih dapat melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh, mendatangi rumah-rumah warga,” ucapnya.

Disebutkan, setiap Pantarlih akan mendata sebanyak 200-300 orang disetiap lokasi TPS.

Kepala Distrik Manokwari Barat, Isak Waramury berharap, anggota Pantarlih yang dilantik dapat melakukan tugas verifikasi, vaktualisasi dan validasi data yang ada dari rumah ke rumah.

Isak juga mengajak, Pantarlih sebagai ujung tombak penyelenggara Pemilu dapat mensukseskan pemutakhiran data dengan baik. Serta bekerjasama dengan Panwas tingkat distrik.

“Sebagai penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu harus bekerjasama terutama ditingkat distrik harus solid,”ucapnya. (dra)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.