Wakil Bupati Kaimana Pimpin Apel Operasi Ketupat 2024

0
Wabup Kaimana menyematkan tanda operasi Ketupat keselamatan tahun 2024. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Dalam rangka operasi pengamanan Idul Fitri 1445 H tahun 2024, Polres Kaimana menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat ‘Ketupat-2024’ pada, Rabu (3/4/2024) di halaman Mapolres Kaimana.

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Kaimana, Hasbulla Furuada yang ditandai dengan pemeriksaan pasukan, penyematan tanda operasi Ketupat keselamatan tahun 2024. 

Kapolri dalam amanatnya yang dibacakan Wakil Bupati Kabupaten Kaimana mengatakan, Apel ini merupakan bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan operasi Ketupat sebagai bentuk komitmen nyata dan sinergitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait. 

Menurutnya, Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang meningkat 56,4 persen berkaitan dengan hal itu Presiden Jokowi menekankan akan terjadi mudik yang sangat besar. 

“Untuk itu saya menghimbau masyarakat untuk mudik lebih awal untuk menjawab tantangan ini TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan operasi terpusat dengan sandi, Ketupat 2024 yang melibatkan 155,165 personil selama 13 hari dari tanggal 4 sampai 16 April 2024,” ucap Kapolri. 

Dijelaskan, dalam operasi ini telah dipersiapkan 5.784 pos yang terdiri dari 3.772 pos pengamanan, 1.532 pos pelayanan dan 480 pos terpadu dalam rangka memberikan pelayanan pengamanan. 

Polri bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Kementerian PUPR telah mengeluarkan surat keputusan tentang pengaturan lalu-lintas selama arus mudik dan arus balik angkutan lebaran. 

“Kebijakan ini diharapkan mampu mendukung keamanan, ketertiban dan kelancaran, diprediksi angkutan kapal mencapai 10,65 juta orang, aspek keamanan dari gangguan kamtibmas menjadi perhatian penting, lakukan patroli bersama pada jam rawan,libatkan kelompok organisasi masyarakat dan keagamaan dalam dalam pengamanan sholat et sebagai wujud toleransi,” tegasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Forkopimda Kabupaten Kaimana, Asisten III Setda Kaimana, Daniel Irto Bato, Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara Utarom Kaimana, Drajat Perwirajati, Komandan Lanal Kaimana, Mayor Marinir Sailenius Amelion Wihyawari, Komandan Sub Detasemen Polisi Militer XVIII/1-3 Kaimana, Lettu CPM Rendi Harisman serta tamu undangan lainnya. (lau)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.