RSUD Kaimana Naik Tipe C, Faskes dan Nakes Diperkuat

0
Direktur RSUD Kaimana, dr. Vinsensia Thie. (Foto: Laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Kaimana resmi naik status dari Tipe D ke Tipe C, setelah Tim Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) melakukan visitasi.

Direktur RSUD Kaimana, dr. Vinsensia Thie, kepada media ini, Rabu (12/6/2024) menjelaskan, kenaikan status ini didasari oleh pemenuhan beberapa syarat penting, seperti sarana dan prasarana, tenaga kesehatan, dan fasilitas kesehatan yang memadai.

Hasil visitasi Persi menunjukkan RSUD Kaimana memenuhi syarat, sehingga Tim Persi dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat mengeluarkan rekomendasi.

“Hal ini kemudian diikuti dengan Surat Keputusan (SK) Bupati Kaimana yang mengesahkan peningkatan status RSUD Kaimana dari Tipe D ke Tipe C, ” kata Direktur RSUD Kaimana.

Ia menyebutkan, tenaga kesehatan di RSUD Kaimana juga memenuhi syarat, dengan adanya tujuh dokter spesialis. Fasilitas kesehatan (faskes) seperti tempat tidur juga lebih dari 100 unit.

“Untuk Rumah Sakit tipe C, standarnya harus ada empat dokter spesialis mayor dan tiga dokter spesialis minor,” ucapnya

“Jadi RSUD Kaimana sudah memiliki tujuh dokter spesialis, dan fasilitas tempat tidur lebih dari seratus unit,” terang Vinsensia Thie.

Ia menambahkan bahwa pada tahun 2024 ini, ada beberapa peningkatan fasilitas kesehatan di RSUD Kaimana, seperti pembangunan ruang dan penambahan peralatan.

“Kami sedang membangun ruang CT Scan, ruang Hemodialisis, dan Cath Lab yang masih dalam tahap pembangunan awal dan ruang Hemodialisis untuk cuci darah karena kasus gagal ginjal di Kaimana cukup tinggi,”ucapnya.

Dijelaskan, pihaknya juga telah menerima bantuan alat CT Scan dan Mammografi dari Kementerian Kesehatan RI dan penambahan ibu dan anak, seperti .

“Serta penambahan alat KIA dan peralatan ventilator, neonatus, lampu operasi, dan mesin steril peralatan rumah sakit, yang berasal dari dana DAK APBN kepada pemerintah daerah,”sebutnya.

Ia berharap, dengan peningkatan status RSUD Kaimana, seluruh tenaga kesehatan dituntut untuk bisa memberikan pelayanan yang optimal dan komprehensif kepada masyarakat.

“Kami telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan fasilitas pelayanan kesehatan demi kesejahteraan masyarakat Kaimana,”tutupnya. (lau)





Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.