Puskesmas Kaimana Akan Jadi Puskesmas Percontohan

0
56
Kadis Kesehatan Arifin Sirfefa bersama tim survei dari Kemenkes pada pembukaan kegiata survei re-akreditasi Puskesmas Kaimana.

KAIMANA,KLIKPAPUA.COM- Puskesmas Kaimana Kota layak dijadikan Puskesmas percontohan untuk semua Puskesmas yang ada di Kabupaten Kaimana pasca re-akreditasi yang dilakukan tim survei dari Kementerian Kesehatan RI beberapa waktu lalu. Sistim pelayanan yang dijalankan di Puskesmas Kota yang mulai membaik diharapkan bisa diadopsi oleh Puskesmas lainnya di Kaimana.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana, Arifin Sirfefa, SKM,MM mengungkapkan ini saat dikonfirmasi terkait hasil re-akreditasi Puskesmas Kaimana Kota. Menurutnya, hasil penilaian cukup memuaskan, dimana sistim pelayanan disebutkan sudah baik. Selain itu, selama proses re-akreditasi, para tenaga medis juga dibekali ilmu tambahan untuk meningkatkan pelayanan.

Arifin berharap agar ilmu yang dipelajari dari para tim akreditasi dapat diterapkan dalam tugas pelayanan sehari-hari. “Saya berharap teman-teman kesehatan yang telah mendapatkan ilmu selama kegiatan survey akreditasi bisa mengimplementasikannya dalam tugas masing-masing setiap hari,” ujar Kadis Arifin.

Arifin akui, ada sinyal positif yang diberikan tim survei re-akreditasi terhadap Puskesmas Kaimana Kota. Tim survey mengakui ruang pelayanan serta sarana dan prasarana penunjang pada Puskesmas Kaimana Kota sudah sangat memadai, demikian pula pelayanan kepada masyarakat juga sudah hampir mencapai angka yang diharapkan.

“Ada tanda posisitif yang diberikan tim pada kegiatan re-akreditasi. Mereka menyampaikan Puskesmas sudah sangat baik, ruang pelayanan maupun sarana dan prasarana penunjang sudah sangat memadai. Pelayanan kepada masyarakat juga sudah hampir mencapai angka maksimal. Ini tentunya sangat membantu kita untuk menjadikan Puskesmas Kaimana Kota ini sebagai contoh bagi Puskesmas lainnya di Kaimana,” ujar Arifin.

Ditambahkan, hasil sementara re-akreditasi ini tentu merupakan langkah awal yang baik bagi tahapan akreditasi lanjutan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan yakni terkait beberapa alat kesehatan yang belum dilengkapi di salah satu Posyandu, serta peningkatan SDM  di Puskesmas sendiri.(iw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.