Dishub Kaimana Akan Operasikan 1 Unit Kapal Perintis

0
830
Drs. Daniel Irto Batto, M.Si, Kepala Dinas Perhubungan Kaimana.

KAIMANA, KLIKPAPUA.COM- Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan tranportasi laut, Dinas Perhubungan Kabupaten Kaimana menyediakan satu unit kapal perintis berkapasitas penumpang lebih dari 100 orang. Kapal ini akan melayani rute Kaimana menuju beberapa wilayah yang menjadi titik pertumbuhan ekonomi.

Sementara ini kapal belum bisa difungsikan karena masih menunggu proses pengukuran dan pemeriksaan awal dari petugas berwenang yang didatangkan dari Sorong atau Dobo.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kaimana, Daniel Irto Batto menyampaikan ini saat dikonfirmasi terkait layanan kapal perintis yang sudah lama terhenti. Kepada wartawan, Rabu (17/7/2019), Daniel mengatakan, kapal yang akan dioperasikan ini merupakan kapal baru dengan kapasitas penumpang lebih dari 100 orang.

Pengukuran dan pemeriksaan awal kapal jelas Daniel, tidak bisa dilakukan oleh pihak pelabuhan Kaimana karena untuk kapal dengan bobot besar berkapasitas penumpang lebih dari 100 orang, merupakan kewenangan pihak pelabuhan Sorong atau Dobo.

“Kita ada siapkan satu unit kapal perintis dengan kapasitas 100 lebih orang. Mau ukur dengan pemeriksaan awal syahbandar disini tolak karena tidak punya kewenangan. Itu harus datangkan dari Sorong atau Dobo. Makanya kami lagi menunggu petugas yang kemungkinan akan tiba Sabtu ini, setelah itu baru kita jalan,” ujar Daniel.

Ia berharap, setelah mengoperasikan satu unit kapal ini, akan ada penambahan beberapa unit lagi untuk bisa melayani kebutuhan masyarakat pada setiap zona atau titik pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah daerah.

“Kami berharap minimal ada tambahan 3 unit lagi supaya melayani semua zona seperti Etna, Yamor, Buruway, Arguni maupun Kambrauw. Mudah-mudahan pengusaha kapal ini, melalui kesempatan yang diberikan ini bisa beranak kapal, dalam arti menambah atau mendatangkan kapal tambahan sehingga semua titik bisa terlayani dengan cepat,” pungkasnya. (iw)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.