Disdikpora Kaimana dan Kepala SMP Gelar Rakor Sinergitas Kebijakan Pendidikan

0

 

KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kaimana menggelar Rapat Koordinasi bertajuk ‘Sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam Memajukan Pendidikan di Kabupaten Kaimana’ melibatkan pengelola pendidikan tingkat SMP se-Kaimana, 3-5 Oktober 2022. 

Kegiatan yang berlangsung di Grand Papua Hotel melibatkan 70 peserta, terdiri dari 19 Kepala Sekolah, Kaur Kurikulum dan Kaur Siswa ini, dibuka Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuada, SP, Senin (3/10/2022).  

Pembukaan kegiatan turut dihadiri Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Papua Barat Tuning Supriyadi, Kepala Disdikpora Kaimana Drs. Ray Ratu Come, serta Perwakilan Polres Kaimana.

Ketua panitia kegiatan yang juga selaku Kepala Bidang SMP Dinas Dikpora Kaimana, Nahrul Rumbara dalam laporannya menjelaskan, Rakor yang digelar bertujuan untuk mensinergitaskan program-program pemerintah pusat dan pemerintah daerah dibidang pendidikan untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Kaimana.

Wakil Bupati Kaimana, Hasbulla Furuda dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah daerah saat ini masih memiliki beberapa kekurangan untuk sektor pendidikan, seperti kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan, belum terlaksananya pembiayaan personil dan penyediaan perlengkapan bagi siswa yang merupakan salah satu kewajiban daerah dalam pemenuhan SDM Pendidikan.

“Menjawab kekurangan ini, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan telah menyiapkan berbagai upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan, kualitas pelayanan pendidikan, meningkatkan pelayanan SDM pendidikan sesuai dengan kewenangan kabupaten dan lainnya,” ujar Wabup.

Dikatakan, pelaksanaan rapat koordinasi ini sangat penting guna menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan para penyelenggara pendidikan, dalam hal ini kepala sekolah dalam mengelola manajemen pendidikan, serta dalam meningkatkan kemampuan guru menerapkan kurikulum merdeka belajar.

Rakor Sinergitas Kebijakan Pendidikan tingkat SMP ini menghadirkan nara sumber dari Kementerian Pendidikan, Balai Guru Penggerak Provinsi Papua Barat, serta dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana.(iw)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.