BPS Gelar FGD Publikasi Kabupaten Kaimana Dalam Angka 2024

0
Foto bersama dalam FGD BPS Publikasi Kabupaten Kaimana dalam angka 2024, Rabu (21/2/2024) (foto: laurens/klikpapua)

KAIMANA,KLIKPAPUA.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kaimana, menggelar Focus Group Discussion (FGD) Publikasi Kabupaten Kaimana dalam angka 2024, Rabu (21/2/2024)

FGD dalam rangka konsolidasi serta finalisasi data-data sektoral dalam dokumen publikasi Kabupaten Kaimana Dalam Angka 2024, yang dirangkaikan dengan kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral, serta review standar pelayanan publik BPS Kabupaten Kaimana.

FGD diawali dengan pemberian Piagam penghargaan kepada tiga Instansi teresponsif yakni, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Bagian Pemerintah Sekretariat Daerah dan UPTD Samsat Kaimana.

Kegiatan yang dihelat disalah satu hotel Kaimana dibuka oleh Staf Ahli Bidang Kesejahteraan masyarakat SDM dan Perekonomian Setda Kabupaten Kaimana, Usman Fenetiruma dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),Instansi Vertikal dan akdemisi setempat.

Usman dalam arahannya memberikan apresiasi kepada BPS Kaimana yang telah berupaya dan bekerja keras untuk menyusun publikasi ini, guna meningkatkan kualitas maupun kuantitas data. Sebagai instansi yang memiliki tupoksi sebagai penyedia statistik resmi untuk Pemerintah daerah melaui hasil survei dan sensus.

Dijelaskan, Publikasi dalam angka merupakan buku, yang menampilkan potret wilayah Kabupaten Kaimana dalam bentuk data, yang dibutuhkan oleh pengguna data, baik pemerintah daerah, instansi vertikal, perusahan, mahasiswa, akademisi maupun masyarakat umum.

Menurutnya, data yang disajikan memiliki manfaat sebagai dasar penyusunan dan evaluasi suatu kebijakan publik, yang digunakan untuk kepentingan riset dan pengembangan bagi akademi dan para pelaku pasar.

Usman menjelaskan, pertemuan ini juga untuk mengkonfirmasi kembali data-data yang telah diberikan oleh OPD, instansi vertikal dan perguruan tinggi, serta mendiskusikan langkah penyempurnaan data publikasi Kabupaten Kaimana dalam angka agar berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dikatakan, pada 28 Februari 2024 nanti, BPS akan merilis Publikasi Kabupaten Kaimana Dalam Angka 2024, Publikasi ini merupakan hasil kompilasi data dari survei yang dilakukan oleh BPS dan pengumpulan data dari berbagai instansi untuk perencanaan maupun evaluasi pembangunan.

BPS Kabupaten Kaimana berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan prima dalam penyelenggaraan Sistem Statistik Nasional (SSN) dalam kesempatan ini, akan dilaksanakan kegiatan pembinaan statistik sektoral serta review standar pelayanan publik BPS Kabupaten Kaimana.

Pembinaan statistik sektoral bertujuan untuk penguatan statistik sektoral, Kementrian,lembaga,dinas,instansi, sementara review standar pelayanan publik bertujuan untuk memperbaiki, mempercepat, dan memudahkan layanan publik BPS Kabupaten Kaimana.

Diakhir arahnya, Ia meminta kepada seluruh OPD dan instansi terkait agar dapat berkolaborasi dan membantu BPS dalam menyediakan data sektoral yang valid dan terupdate bagi pembangunan Kabupaten Kaimana. (lau)


Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.