Mendagri Tjahjo Kumolo Serahkan Piagam Penghargaan pada Asosiasi Pemdes

0
126

KLIKPAPUA, JAKARTA –  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan piagam penghargaan kepada Asosiasi Pemerintah Desa (Pemdes). Hal ini dilakukan atas apresiasi terselenggaranya Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa Se-Indonesia yang digelar di Stadion Tennis Indoor PPK, GBK, Jakarta, Rabu (10/04/2019).

Penghargaan diberikan kepada:

Pertama, Badan Koordinasi Nasional, Pembangunan, Pemerintahan, Pemberdayaan Kemasyarakatan Desa (Bakornas P3KD) yang diberikan melalui Ketua Umum, Muhammad Asri Anas dan sekretaris Bakornas P3KD, Sudirman.

Kedua, Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (DPP APDESI) yang diberikan melalui, Ketua Umumnya yaitu Sindawa Tarang, Suhardi Buyung, Sekjen Ipin Arifin dan Agung Heri Susanto.

Ketiga, Dewan Pimpinan Pusat Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Desa Indonesia (DPP PAPDESI) yang diberikan melalui ketua umumnya Wargiyati dan Sekjen Eka Saputra.

Keempat, Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Seluruh Indonesia (DPN PPDI) yang diberikan melalui ketua umumnya Widhi Hartono dan Sekjen Budi Kristianto.

Ketua Umum Badan Koordinasi Nasional, Pembangunan, Pemerintahan, Pemberdayaan Kemasyarakatan Desa (Bakornas P3KD),  Muhammad Asri Anas mengatakan, Silaturahmi Nasional Pemerintahan Desa Se-Indonesia pertama kali terselenggara dalam sejarah atas inisiatif dari Bakoornas dan tiga asosiasi lainnya.

“Pelaksanaan ini murni inisiatif dari Bakoornas dan tiga asosiasi lainnya untuk menyelenggarakan acara Silatnas (Silaturahmi Nasional) untuk pertama kalinya. Ini ajang pertama kali asosiasi desa duduk bersama, memberikan kebanggaan bagi kita semua. Bendera Asosiasi boleh berbeda, tapi satu tujuan untuk bersama membangun desa,” kata Anas.

Dengan mengusung tema “Bersatu Desa Maju” diharapkan dapat mengharmonisasikan  dan mencapai tujuan bersama untuk membangun desa.

“Melalui tema bersatu desa maju, dibawah Menko PMK, Menkopolhukam, Menteri Desa PDTT, Mendagri, diharapkan mampu bersatu membangun desa semakin maju. Kehadiran peserta atas keinginan dengan biaya sendiri, ini membuktikan kami ingin membangun kebersamaan dan solidaritas untuk bersyukur atas apa yang telah diberikan selama ini,” terang Anas.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi telah mendukung program prioritas pemerintah melalui Nawa Cita ke tiga, yakni “Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.” Hal ini menunjukkan komitmen bahwa Kemendagri juga selalu mendukung gerakan positif untuk mendorong desa yang madani. (rls/bm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.