KSP : Pers Berperan Besar Membentuk Masa Depan Indonesia

0
61
Masa Depan Indonesia-HPN 2022
Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan RI Juri Ardiantoro (Foto: Kantor Staf Presiden)

JAKARTA,KLIKPAPUA.com— Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan RI Juri Ardiantoro menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung perubahan dan perkembangan jurnalisme digital, di tengah arus informasi serta perkembangan iklim demokrasi dan peningkatan kemampuan Pers literasi digital masyarakat.

“Pers berperan signifikan membentuk masa depan Indonesia. Pemerintah mengajak seluruh insan pers tidak lelah bersinergi dengan pemerintah untuk terus memperjuangkan kepentingan masyarakat dan kemajuan Indonesia,” kata Juri, di gedung Bina Graha Jakarta, Rabu (9/2).

Pada kesempatan tersebut, Juri mengatakan pemerintah mengapresiasi insan pers yang mengusung isu lingkungan dalam kegiatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022. “Ini sesuai dengan komitmen pemerintah yang sedang mendorong Indonesia menjadi teladan global dan katalisator hijau melalui Presidensi G20,” ungkapnya.

Seperti diketahui, 9 Februari merupakan Hari Pers Nasional (HPN). Tahun ini, puncak peringatan HPN dipusatkan di Kendari Sulawesi Tenggara. Selain isu lingkungan, HPN 2022 juga menggaungkan soal masa depan wartawan di tengah pesatnya perkembangan tekhnologi komunikasi dan media.

Juri menilai, saat ini pers menghadapi perubahan ekologi media yang sering berdampak pada substansi dan akurasi. Ia Mencontohkan fenomena “clickbait” dimana judul dan isi berita tidak sesuai serta kurang menjaga kualitas dan kode etik jurnalistik.

“Ini tentunya menjadi tantangan kedepan, bagaimana menguatkan profesi wartawan dan pers di tengah gempuran disrupsi digital,” ujarnya.

Juri juga menyampaikan apresiasi terhadap insan pers atas perannya dalam mendukung program-program pemerintah, termasuk mengawal penanganan COVID19.

“Masih banyak program pemerintah yang membutuhkan dukungan pers. Seperti G20 Indonesia, pemulihan ekonomi nasional, dan pemindahan IKN. Pemerintah berharap pers bisa ikut mengawal dan menyuarakan narasi positif program-program tersebut,” ucap Juri Ardiantoro.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.