BNPT Ajak Pelajar SMP di Manokwari Jadi Agen Perdamaian Cegah Radikalisme

0
Laksamana Pertama TNI Imam Subekti, Direktur Perangkat Hukum Internasional BNPT RI, memberikan materi “Smart Bangsaku, Bersatu Indonesiaku” bersama FKPT Papua Barat di Manokwari. (Foto: Elyas/klikpapua)

MANOKWARI, KLIKPAPUA.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia mendorong kalangan pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Manokwari untuk aktif sebagai agen perdamaian dalam melawan radikalisme dan terorisme.

Hal ini diungkap, Laksamana Pertama TNI Imam Subekti, Direktur Perangkat Hukum Internasional BNPT RI di Manokwari, Kamis (17/10/2024) bahwa tren radikalisasi menyasar kaum perempuan dan anak-anak.

baca juga : BNPT-FKPT Papua Barat Bekali Perempuan dan Pelajar SMP Lawan Radikalisme

“Kami mendorong siswa-siswi SMP untuk mampu menjadi agen perdamaian, mengorganisir orang tua, siswa-siswi dan menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama melawan segala bentuk paham dan propaganda kelompok radikal terorisme di lingkungan sekolah dan keluarga,” ucapnya.

BNPT bersama FKPT di seluruh Indonesia berupaya untuk menguatkan ketahanan keluarga sebagai benteng pertama dalam menghadapi ancaman yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

Disebutkan, berdasarkan penelitian BNPT tahun 2023, angka indeks radikalisme menunjukkan peningkatan sebesar 1,7 persen dibanding tahun 2022.

Hasil survei ini menunjukkan, jika indeks potensi radikalisme lebih tinggi pada perempuan generasi Z dan masyarakat yang aktif di internet dalam mencari dan mengembangkan konten keagamaan.

“Kami terus menerus melakukan berbagai langkah dan upaya mencegah secara terencana, terukur dan berkesinambungan,” tuturnya. (dra)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.