CSR Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Merauke Dukung Pemberdayaan Kelompok Wanita Papua

0

JAYAPURA,KLIKPAPUA.com – Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku melalui Fuel Terminal (FT) Merauke mendukung pemberdayaan ekonomi Kelompok Wanita Papua di Merauke melalui Program Corporate Social Responsibility (CSR) “Pemberdayaan Rumah Albumin” di Lingkungan Gudang Arang Kel. Kamahedoga, Kabupaten Merauke.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2019 dengan beranggotakan 11 wanita yang tergabung dalam Kelompok Harapan Papua Baru.

Dari program CSR Pertamina ini, Kelompok Harapan Papua Baru telah berhasil memproduksi 5 jenis produk olahan ikan, dengan produk unggulan yaitu Minyak Albumin. Produk tersebut memiliki minat tinggi di pasaran dan menjadi produk yang paling menguntungkan untuk kelompok tersebut. Produk lain yang telah diproduksi yakni abon ikan gabus, nugget ikan, baso ikan dan udang berlapis tepung.

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun mengatakan melalui program ini, Pertamina memberikan wadah bagi kelompok terutama para wanita untuk dapat berperan serta sehingga menunjang peningkatan ekonomi serta pemberdayaan untuk meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik di Kabupaten Merauke.

“Kami mencoba membantu saja, dari Pertamina menyediakan apa yang diperlukan untuk produksi, kami mewadahi masyarakat disini yang mau berkembang, ini potensi lokal harus kita dukung,” ujarnya.

Edi berharap dari bantuan Pertamina dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan produktifitas Kelompok Harapan Papua Baru.

“Di tahun 2024 ini fokus program kami pada bantuan pengadaan alat-alat produksi yang dapat meningkatkan produktifitas kelompok, serta pengembangan kapasitas pengelolaan Sumber Daya Manusia untuk mempercepat usaha kelompok yang mandiri dan sejahtera,” tutur Edi.

Dalam program CSR ini, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku bersama Kelompok Harapan Papua Baru melakukan inovasi produk dalam produksi, peningkatan manajerial kelompok, penguatan kelembagaan kelompok dan pengurusan izin ke tingkat BPOM dan BPJPH.

Rusdiati selaku Ketua Kelompok Harapan Papua Baru berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pertamina. “Terima kasih Pertamina, bantuan tahun ini memang sangat dibutuhkan oleh kelompok karena pekerjaan jadi lebih mudah. Motor roda tiga yang kita dapat bisa untuk cari ikan gastor lebih segar di kampung-kampung. Kelompok juga jadi tidak capek harus ngaduk abon berjam-jam karena sudah ada alat aduk. Alat buat bikin minyak albumin yang baru juga lebih modern, jadi kita lebih pede sama produk yang kita buat,” ujarnya.

Pertamina senantiasa mendukung Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Poin 1 Menghapus Kemiskinan, Poin 5 Kesetaraan Gender dan Poin 8 Pekerjaan Layak & Pertumbuhan Ekonomi.(rls)



Komentar Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.