Safari Ramadhan MUI Bersama DMI Papua Barat Resmi Dibuka Gubernur

0
184

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Gubernur Provinsi Papua Barat, Dominggus Mandacan resmi membuka kegiatan Safari Ramadhan 1443 H/2022 M Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Papua Barat, Rabu (6/4/2022) di kantor MUI Papua Barat.

Safari Ramadhan tahun 2022 ini mengusung tema ” Meneguhkan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Wathaniyah untuk Papua Barat yang Aman, Sejahtera dan Bermartabat ”

Gubernur Papua Barat, Dominggus mengapresiasi kegiatan keagamaan, meskipun dalam suasana wabah pandemi Covid-19, namun tetap berjalan,dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Kita bersyukur bisa melakukan Safari Ramadhan ini yang rencananya akan keliling kabupaten/kota se Provinsi Papua Barat,” kata Gubernur.

Lanjut Gubernur,bulan suci Ramadhan merupakan momentum istimewa, kesempatan berharga bagi umat Islam untuk meningkatkan keimanan, menumbuhkan kejujuran, keikhlasan, dan kepedulian sosial dan merupakan bulan untuk melakukan evaluasi tahunan kepada semua perilaku dan amalan selama 11 bulan yg telah berlalu baik yang berhubungan dengan Tuhan dan manusia baik sesama umat untuk memelihara hubungan baik dengan sang pencipta.

Gubernur juga berharap bulan Suci Ramadhan ini diisi dengan amalan-amalan yang benar-benar mencerminkan aqidah jati diri sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa, bulan ini merupakan bulan pendidikan untuk mendidik umat Islam dalam menunaikan perintah- perintah dan menjauhi larangan-larangan Tuhan YME dengan penuh ketaatan dan mendidik umat Islam, untuk selalu mengendalikan diri dari hawa nafsu, amarah, dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

Gubernur mengajak seluruh umat beragama untuk bersama menjaga suasana kerukunan dan persaudaraan antara sesama anak bangsa.

“Mari kita jaga suasana penuh kedamaian ini, agar saudara-saudara kita dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusyu dan hikmat,” kata Gubernur.

“Marilah kita ciptakan bulan suci Ramadhan yang sebagai bulan yang penuh kedamaian, kasih sayang dan saling memaafkan antar sesama,” tandasnya.

Sementara itu Ketua MUI Papua Barat Ahmad Nasrauw menyampaikan dalam kegiatan safari ini dapat mempererat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathoniyah umat muslim yang ada di Papua Barat, tetapi juga ingin mempererat persaudaraan sesama anak bangsa, semua punya tanggung jawab yang sama untuk membangun Papua Barat.

Ketua MUI menjelaskan dimana Safari Ramadhan ini akan dimulai dari Kabupaten Kaimana dan berakhir di Kabupaten Manokwari,tepatnya di Masjid Baitul Amin SP 4 Prafi.

Ditambahkan Ketua Panitia, H. Mugiyono, bahwa kegiatan Safari ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dari MUI Papua Barat dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, guna menjalin silaturahmi antara umaroh dengan pemerintah.

Dalam safari tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dimana MUI berkolaborasi dengan Dewan Masjid Indonesia Papua Barat, sehingga dalam setiap kunjungan akan selalu bersama-sama.

“Safari Ramadhan dimulai besok dengan mengunjungi Kabupaten Kaimana dan akan berakhir nanti 17 April di Masjid Baitul Amin SP4 Prafi,” ungkapnya. (aa)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.