Kelola Pengembangan Pariwisata Manokwari Butuh Kolaborasi Berbagai Pihak

0
127

MANOKWARI,KLIKPAPUA.com- Dalam mengelola pengembangan sektor pariwisata di Manokwari, membutuhkan kolaborasi semua stakeholder agar hasilnya lebih maksimal.

Hal ini diungkap mantan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Manokwari I Gede Wiradana dalam momen serah terima jabataan kepada Imanuel Pangaribuan, Selasa (31/5/2022).

I Gede Wiradana saat memberikan pesan kepada kepala dinas baru menyebutkan, banyaknya destinasi wisata yang belum bisa di akses secara penuh, dan ini merupakan pekerjaan rumah yang harus dilanjutkan untuk pengembangan pariwisata di daerah ini.

“Banyak yang harus dikoordinasikan dengan SKPD lain termasuk koperasi yang ada, karena koperasi sangat mendukung kita untuk kelangsungan kehidupan pariwisata. Seperti Seni budaya dan ekonomi kreatif sangat mendukung sektor pariwisata di daerah ini,” ujarnya.

Selain itu, dia mengutarakan Disparpora membutuhkan kolaborasi dengan SKPD lain, tidak bisa jalan sendiri. Karena membutuhkan infrastruktur pendukung seperti jalan, penerangan dan perairan.

“Selain dengan SKPD terkait, bekerjasama dengan kelompok-kelompok sadar wisata yang sudah terbentuk seperti di Pasir Putih, Sodey, Mansinam dan Kwau yang perlu dikembangkan untuk sadar wisata dan sadar pesona. Dengan adanya sadar wisata dan sadar pesona agar pariwisata dapat masuk ke daerahnya,” imbuhnya.

Sektor pariwisata yang menjual sebenarnya adalah ramah tamah, dengan keramah tamahan masyarakat akan memicu ketertarikan wisatawan.

Sementara kepala dinas yang baru Imanuel Hasingtongan Pangaribuan, menyatakan siap melanjutkan program yang sudah terbentuk untuk dikembangkan menjadi lebih baik. (dra)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.