News Cafe Kompak BaKTI Mengajari Cara Membaca Data

0
967

SORONG,KLIKPAPUA.com- Kompak BaKTI kembali lagi melaksanakan News Cafe bersama jurnalis Papua dan Papua Barat dengan menghadirkan sejumlah wartawan dari media online, cetak dan TV yang dilaksanakan di Hotel Vega Sorong, Senin (28/2/2022).

News Cafe yang dilaksanakan Kompak BaKTI mengajarkan para wartawan untuk belajar membaca data. Kompak BaKTI menghadirkan narasumber dari Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Provinsi Papua Barat, BPS Provinsi Papua Barat, dan Manager Riset Seknas Fitra.

Caroline Tupamahu Team Leader Communication Kompak-BaKTI mengatakan kegiatan ini adalah rangkaian dari kegiatan tim komunikasi Kompak BaKTI news Cafe bersama jurnalis Papua dan Papua Barat, tujuannya untuk menghubungkan antara  jurnalis dengan narasumber dari pemerintah maupun dari lainnya. Dengan menghadirkan peserta dari Kabupaten Sorong, Kabupaten Manokwari dan dari Jayapura.

Kegiatan Kompak BaKTI ini sudah beberapa kali dilaksanakan baik melalui daring via zoom dan tatap muka bersama.”Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman dan juga adanya hubungan yang baik dengan narasumber,” harapnya.

Kabid Perencanaan Otsus Bappeda Provinsi Papua Barat Legius Wanimbo mengatakan materi yang disajikan yaitu bagaimana membaca data dari BPS, dan juga dari Seknas Fitra, bagaimana membaca data program SAIK+, sehingga data itu bisa di baca dan dipakai dalam pembangunan khususnya dalam rangka perencanaan pembangunan dari pemerintah kampung sampaiPemerintah Provinsi Lapua Barat.

Kata Legius, yang mana dari kampung sudah bisa membuka data SAIK+ nya, data SAIK+ kampung sudah dapat dibuka melalui musyawarah kampung dengan membaca dan mengakses dan sudah bisa dipakai dalam perencanaan pembangunan, dari kampung data itu akan dibaca tingkat distrik dan ke kabupaten/kota.

Diharapkan melalui Sekber dan OPD teknis lainnya di tingkat kabupaten SAIK+ dapat dibaca dengan baik, misalnya pada data pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya.

Ika Rusinta Widiyasari sebagai Statistisi Ahli Muda/Sub Koordinator Fungsi Statistik Ketahanan Sosial BPS Lrovinsi Papua Barat membawakan materi tentang Data Story Telling.

Sementara Badi’ul Hadi selaku Manager Riset Seknas Fitra membawakan materi terkait Analisis APBD di tanah Papua.(aa)

SPACE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.