Tanah Amblas, Asrama Mansinam II Jayapura Terancam

0
71

KLIKPAPUA-Asrama Mansinam II Jayapura, Papua, terancam amblas. Ini diketahui setelah DPRD Manokwari mengunjungi Jayapura untuk melihat asset Pemda, termasuk asrama tersebut, Sabtu (30/3/2019).

Ketua asrama Mansinam II Jayapura, Sem Viktor Saroy mengungkapkan, kondisi itu diduga terjadi akibat hujan yang sering turun. Ditambah letak asrama yang berada di lereng.

“Akibat hujan beberapa minggu lalu, sebagian talut yang dibelakang asrama ini sebagian longsor. Kita kawatir kalau tidak segera diperbaiki maka semakin banyak yang longsor dan berpengaruh ke bangunan asrama,”ujarnya dihadapan para anggota dewan.

Ditambahkan Saroy, disejumlah bagian asrama juga sudah seharusnya diperbaiki. Sejak diresmikan tahun 2007 lalu asrama itu tidak tersentuh perbaikan.

“Dibebarapa bagian asrama kondisinya sudah banyak yang rusak. Mulai dari atap yang bocor sampai lantai-lantai yang sudah retak. Apalagi lampu disebagian besar bangunan sudah padam sehingga menyulitkan kita saat belajar atau ada kegiatan-kegiatan mahasiswa. Disini kamar mandi juga sebagian rusak dan air sering tidak ngalir,”tambah dia.

Ketua tim DPRD Manokwari pengawasan ke Jayapura Trisep Kambuaya mengungkapkan, dengan kondisi asrama Mansinam II, sudah seharusnya dilakukan rehab total. Terutama penanganan talut asrama yang mendesak dilakukan.

“Talut ini yang harus diperbaiki terutama. Kalau tidak dilakukan penanganan maka asrama bisa saja longsor. Kita datang ini untuk melihat langsung kondisi disini, dengan begitu menjadi dasar saat pembahasan anggaran dengan pemda. OPD terkait juga harus datang liat biar nanti sejalan,”ujar Trisep.

Diungkapkan politisi PKPI itu, rehab total asrama Mansinam akan menjadi fokusnya untuk program tahun 2020.”Tahun lalu asrama Acemo Jayapura sudah diperbaiki dan kita sudah liat hasilnya. Renovasi asrama Mansinam II sempat didorong pada APBD tahun 2019, tetapi karena keterbatasan anggaran sehingga tahun depan harus bisa masuk,”tambah dia.

Sebelum ke asrama Mansinam II, sebelumnya tim sudah melihat langsung kondisi asrama Acemo yang tahun lalu sudah dilakukan perbaikan. (wh)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here