PEGAF,KLIKPAPUA.COM– Komisi Pemilihan umum (KPU) Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf)  dalam waktu dekat akan segera menyerahkan penetapan perolehan 20 kursi DPRD hasil pemilu tahun 2019 kepada pemerintah setempat. Demikian disampaikan Ketua KPU Pegaf, Hery Towansiba, melalui sambungan telepon, Selasa (17/9/2019).

Sebelumnya pada (11/9/2019) lalu, KPU  telah menggelar rapat pleno penetapan kursi DPRD pegaf. Dari 20 kursi yang telah ditetapkan, PDI-Perjuangan dinyatakan menjadi pemenang pileg di pegaf, setelah unggul perolehan suara dari  6 partai lainnya yang sama-sama memperoleh dua kursi.

Menurut Hery, 20 nama anggota DPRD terpilih periode 2019-2020 telah menyetor bukti  laporan Harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) kepada KPU pegaf.

LHKPN yang sebelumnya dilaporkan kepada KPK  menjadi salah satu syarat pelantikan anggota DPRD dilakukan. “Semua berkas-berkas calon terpilih mulai saat pendaftaran hingga pada penetapan sudah kami siapkan. 20 nama anggota DPRD pegaf juga sudah menunjukkan bukti LHKPN kepada kami,” kata Heri. “Untuk penyerahan hasil pemilu (pileg) di Pegaf, kami rencana menyerahkan  hasilnya  pada hari Kamis (19/9) kepada bupati Pegaf,” ungkap Hery menambahkan.

Setelah menyerahkan penetapan hasil pemilu (pileg), kata Hery, tugas KPU sebagai penyelenggara pemilu sudah selesai. Sehingga Untuk agenda selanjutnya adalah kewenangan dari pemerintah daerah.  “Segala hal yang menyangkut  pelantikan anggota DPRD Pegaf adalah kewenangan Pemda, tugas kami selesai setelah penyerahan hasil kepada bupati,” pungkasnya. (rsl/bm)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here